Cara Mudah Membuat Barcode Tanda Tangan!

cara membuat tanda tangan barcode

PERKEMBANGAN teknologi membuat pemberian tanda tangan juga makin berkembang. Salah satu model tanda tangan yang sekarang cukup dikenal adalah tanda tangan barcode. Cara membuat barcode tanda tangan ternyata tidak sesulit kelihatannya. Anda bisa melakukannya hanya dengan bermodalkan aplikasi saja.

Aplikasi yang mengubah tanda tangan menjadi barcode bisa Anda temukan dengan mudah di Play Store ataupun App Store. Banyak aplikasi yang bisa digunakan secara gratis, namun jika Anda ingin keamanan data yang lebih baik gunakan versi premium atau berbayar agar tanda tangan tidak disalah gunakan.

Bacaan Lainnya

Panduan Membuat Barcode Tanda Tangan

cara membuat barcode tanda tangan

1. Unduh dan Pasang Aplikasi

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengunduh dan memasang aplikasi barcode tanda tangan terlebih dahulu. Caranya mudah, cukup ketikkan “tanda tangan barcode” atau “tanda tangan QR Code” di kolom pencarian. Dalam waktu singkat, Anda bisa langsung menemukan tanda tangan tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan di paragrap sebelumnya, sebaiknya gunakan aplikasi premium atau berbayar. Tipe aplikasi ini akan memberikan keamanan yang lebih baik kepada penggunanya. Apalagi fitur yang disediakan jauh lebih lengkap dibandingkan dengan versi gratis.

2. Pilih Format Data

Ketika aplikasi sudah terpasang, buka dan lihat berbagai format menu yang tersedia. Jika Anda ingin tanda tangan yang dijadikan barcode, pilih tanda tangan QR Code. Ada beberapa menu lain yang bisa Anda gunakan, seperti teks dengan barcode atau nomor telepon yang diubah dengan barcode.

3. Masukkan Data

Cara membuat tanda tangan digital dengan barcode ini bisa dilanjutkan jika Anda memasukkan data yang diminta oleh aplikasi. Masukkan tanda tangan yang ingin Anda jadikan barcode, kemudian tunggu sampai proses muat dan konversi selesai.

4. Atur Warna dan Ukuran

Anda bisa langsung melihat hasil barcode dari tanda tangan yang sudah Anda buat. Namun jika ingin tampilannya lebih menarik, Anda bisa mengubah warna dan ukuran barcode yang ada. Pilih saja menu yang tersedia dan atur sesuai dengan preferensi yang dimiliki.

5. Bagikan Barcode

Proses pembuatan tanda tangan barcode sudah selesai, Anda bisa langsung menyimpan tanda tangan tersebut atau membagikannya. Anda bisa mengirimkan tanda tangan tersebut secara personal ataupun langsung kepada grup. Tersedia pilihan menu share yang bisa Anda manfaatkan.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Selain membuat tanda tangan menjadi barcode, ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat tanda tangan bisa berbentuk digital. Ini sebagai pilihan alternatif apabila Anda tidak bisa membuat tanda tangan menjadi barcode sebagaimana cara di atas.

1. Scan Tanda Tangan

Cara yang paling sederhana adalah melakukan scan pada tangan tangan yang Anda miliki. Untuk melakukan scan, Anda bisa menggunakan mesin scan khusus atau menggunakan aplikasi scanner. Saat ini sudah banyak ponsel pintar yang menyediakan aplikasi scanner bawaan.

2. Tanda Tangan PDF

Anda juga bisa membuat tanda tangan dalam bentuk pdf dengan memanfaatkan fitur Fill and Sign. Fitur ini tersedia di menu bar dan bisa langsung digunakan. Setelah memilih fitur tersebut, pilih opsi Add Signature dan lakukan tanda tangan. Jika sudah selesai, Anda bisa langsung menyimpannya.

Demikian artikel mengenai cara membuat barcode tanda tangan, dengan memanfaatkan berbagai cara tadi, Anda bisa menyelesaikan tanda tangan hanya dalam waktu yang singkat. Kini Anda bisa langsung mengubah tanda tangan menjadi barcode atau bentuk digital sesuai kebutuhan.*

Pos terkait