Curi Uang di Kukar Diringkus di Pelabuhan Semayang Balikpapan

Kaltimku.id, KUKAR – Salah seorang pria berusia sekitar 28 tahun berinisial ‘M’ alias Deni alias Ancah, yang diduga kuat terlibat kasus pencurian di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), diringkus di kawasan Pelabuhan Semayang Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Lelaki yang disebut-sebut kesehariannya bekerja sebagai sopir pribadi itu, dibekuk Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Kutai Kartanegara pada Sabtu (16/4/2022), karena melakukan pencurian uang tunai milik bosnya sendiri senilai 32,5 juta rupiah.

Bacaan Lainnya

Menurut ketrangan korban, yakni Maghdalena Tuko (MT), yang tidak lain adalah istri bosnya sendiri, uang puluhan juta itu sedianya disimpan di dalam tas laptop dan diamankan di dalam kamar rumahnya di kawasan Jalan Gunung Belah RT51 Nomor 36 Kelurahan Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong, Kukar.

Namun, uang tunai puluhan juta itu raib. Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Arwin Amrih Wientama, melalui Kasat Reskrim AKP Gandha Syah menerangkan, penangkapan pelaku berdasarkan laporan korban.

Dijelaskan, awalnya pada hari Jumat (15/4/2022), sekiranya pukul 17.00 Wita di rumah pelapor (MT) di bilangan Jalan Gunung Belah RT 51 Nomor 36 Kelurahan Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kukar, telah terjadi kehilangan uang yang diperkirakan sebesar 32.500.000 yang tersimpan di dalam tas laptop berada di dalam kamar korban.

Saksi-saksi yang dimintai keterangan mencurigai pelakunya adalah ‘M’ alias Deni alias Ancah yang statusnya sebagai sopir pribadi suami pelapor/korban.

Kecurigaan itu didasari karena pada saat korban dan keluarganya melaksanakan Ibadah Paskah di gereja, hanya Deni yang tinggal di rumah.

Humas Polda Kaltim menyebut, pada saat pelapor pulang ke rumah, Deni sudah tidak ada, termasuk tas ransel kepunyaan pelaku.

Pada hari Sabtu (16/4/2022), sekira pukul 00.15 Wita, berdasarkan informasi yang disebar, Unit Opsnal Reskrim Polres Kukar mendapat informasi dari informan, bahwa ada orang dengan ciri-ciri yang mirip dengan pelaku sedang berada di sekitar Terminal Bus Batu Ampar Balikpapan.

“Kemudian Unit Opsnal segera meluncur ke lokasi yang di infokan, namun orang yang mirip dengan pelaku sudah tidak ada. Dapat info baru, bahwa orang tersebut diantar seseorang dengan sepeda motor menuju Pelabuhan Semayang,” paparnya.

Selanjutnya, Unit Opsnal melakukan pengejaran ke Pelabuhan Semayang Balikpapan. Ternyata benar, didepan gedung pelabuhan ada orang yang mirip dengan ciri-ciri pelaku, setelah dilakukan pengecekan dan interogasi, ternyata orang tersebut memang benar adalah pelaku.

Dari pelaku disita sejumlah barang bukti, beberapa barang hasil pembelian dan sisa uang tunai Rp13.550.000. Pelaku serta barang bukti (BB) dibawa ke Polres Kukar untuk diproses hukum lebih lanjut.*

Pos terkait