Dibayar Bulan Ini, Ganti Rugi Lahan Bendungan Sepaku

Lokasi bendungan Sepaku-Semoi yang berada di Desa Tengin Baru Kecamatan Sepaku
Lokasi bendungan Sepaku-Semoi yang berada di Desa Tengin Baru Kecamatan Sepaku

Kaltimku.id, PPU – Progres pembangunan bendungan Sepaku-Semoi di wilayah Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memasuki tahap pembebasan lahan tahap II. Bendungan Sepaku–Semoi dibangun oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Camat Sepaku Risman Abdul mengatakan luas areal keseluruhan bendungan Sepaku-Semoi mencapai 378 hektar. Dari jumlah tersebut, sekira 25 persen lahan masyarakat sudah dibebaskan. Sebanyak 36 hektar untuk tapak bendungan dan sisanya sebanyak 342 hektar sebagai area genangan.

Bacaan Lainnya

“Dari areal bendungan, 95 hektar milik masyarakat sudah dibebaskan. Ada 77 pemilik di lahan itu,” ujar Risman Abdul, Sabtu (4/12/2021).

Untuk sisanya sebanyak 283 hektar masih dalam tahap pengumuman hasil verifikasi dan persetujuan pemilik atas nilai ganti rugi lahan dan tanam tumbuh. Proses pembebasan lahan bendungan yang berada di Desa Tengin Baru itu, diperkirakan rampung di bulan Desember ini.

Dijelaskan Risman, progres pembangunan bendungan Sepaku-Semoi saat ini mencapai 30 persen. Pengerjaan fisik bendungan masih di 95 hektar areal lahan yang sudah dibebaskan. Pengerjaan mencakup pembangunan tapak bendungan dengan bentang sepanjang 400 meter.

“Ini masih dikerjakan tapak bangunan bendungan, kira-kira diposisi 30 persen, pengerjaan bendungan ditargetkan tuntas di tahun 2024,” bebernya.

Selain diproyeksikan sebagai sumber air baku di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) baru, bendungan Sepaku-Semoi juga bakal difungsikan sebagai pengendali banjir. Dengan kapasitas daya tampung air 10 juta meter kubik, bendungan Sepaku diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat IKN.*

Editor: Hary T BS

Pos terkait