Hari Pertama Pasca Libur Lebaran, Layanan Dukcapil Relatif Sepi

Sejumlah warga mengurus adminduk di kantor Dukcapil PPU.
Sejumlah warga mengurus adminduk di kantor Dukcapil PPU.

Kaltimku.id, PPU – Libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah telah berakhir, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta kantor-kantor pelayanan publik di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) mulai buka. Salah satu kantor pelayanan masyarakat di bidang administrasi kependudukan (adminduk) yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), masih belum banyak dikunjungi warga.

Meski buka normal, namun terjadi penurunan jumlah warga yang datang mengurus adminduk sekira 50 persen. Jika di hari biasa, warga yang mengurus segala keperluan adminduk lebih dari 100 orang, di hari pertama kerja pasca libur lebaran, kurang dari 50 orang, Senin (17/5/2021).

Bacaan Lainnya

“Pelayanan sudah kita buka seperti biasa yaitu jam setengah delapan pagi. Yang datang gak banyak, masih sepi,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kabupaten PPU, Suyanto, Senin.

Sepinya kegiatan pelayanan adminduk, diperkirakan karena masih dalam suasana lebaran. Sehingga yang datang hanya masyarakat tertentu. Dukcapil sendiri sudah melayani seluruh jenis kepengurusan administrasi kependudukan, seperti layanan pindah datang, perekaman KTP-el, Kartu Keluarga, penerbitan kartu identitas anak (KIA), cetak KTP, penerbitan akta lahir hingga akta kematian.

Program jemput bola yang ditiadakan selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri, akan kembali digulirkan. Program pendekatan pelayanan masyarakat di desa/kelurahan tersebut, kembali dijalankan mulai awal Juni.

“Setelah libur selama puasa, kita mulai lagi di tanggal 2 Juni. Sasarannya desa-desa di wilayah Kecamatan Babulu dilanjutkan dengan Waru,” terang Suyanto.

Nantinya, program jemput bola dilaksanakan dua hari dalam sepekan di satu wilayah desa/kelurahan.  Di mulai dari desa Babulu Darat hingga desa Bangun Mulya di kecamatan Waru.

“Program jemput bola untuk mendekatkan dan memudahkan layanan kepada masyarakat. Sehingga yang rumahnya jauh tidak perlu datang ke kantor Dukcapil,” pungkas Suyanto.*(adv)

Editor: Herry T BS

Pos terkait