Modus Beli Es Batu, Residivis Kambuhan Diamankan Satreskrim Polres PPU

SR (26) residivis kasus pencurian ditangkap jajaran Satreskrim Polres PPU
SR (26) residivis kasus pencurian ditangkap jajaran Satreskrim Polres PPU

Kaltimku.id, PPU – Satreskrim Polres Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil membekuk pelaku pencurian, SR (26). SR yang merupakan warga Kabupaten Paser adalah seorang residivis, diamankan Tim Opsnal Polres PPU di wilayah Kelurahan Sotek, pada Kamis (16/12/2021).

Kapolres PPU AKBP Hendrik Hermawan melalui Kasatreskrim Iptu Dian Kusnawan menjelaskan, penangkapan SR berawal dari laporan warga atas perbuatan pelaku yang melakukan pencurian di toko kelontongan di wilayah Sotek Kecamatan Penajam. Tidak tanggung-tanggung, pelaku beraksi empat kali dalam kurun waktu seminggu.

Bacaan Lainnya

“Pelaku kita amankan setelah seorang pemilik toko kelontongan melapor. Tindakan pelaku diketahui melalui CCTV,” terangnya, Jumat (17/12/2021).

Dikatakan Dian, modus yang dilakukan SR adalah dengan berpura-pura membeli es batu. Saat penjual mengambil es batu ke dalam rumah, pelaku memanfaatkanya dengan mengambil uang yang ada di laci meja kasir.

Tidak hanya mengincar barang berharga yang ada di toko penyedia sembako, pelaku juga pernah mencuri kotak amal masjid dan di vonis dua bulan penjara. “Korban ini melapor ke pos polisi Sotek dengan membawa bukti rekaman CCTV. Setelah kita selidiki akhirnya kita tangkap sekira pukul 20.30, bersama dengan sepeda motornya,” ujar Dian.

Ternyata, sepeda motor yang dibawa pelaku merupakan barang hasil curianya.Kasus pencurian kendaraan tersebut, terjadi pada17 Agustus 2021 di wilayah Desa Girimukti. Selanjutnya, SR dibawa ke Mapolres PPU untuk menjalani proses lebih lanjut.

Berdasarkan hasil pengembangan dan keterangan pelaku, SR sudah beberapa kali keluar masuk penjara akibat aksinya. Atas perbuatanya tersebut, pelaku bakal dikenakan Pasal  363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Dimana, ancamanya maksimal tujuh tahun penjara.*

Editor: Hary T BS

Pos terkait