Pasca Dihentikan, Pemkab PPU Berharap Proyek Jembatan Tol Teluk Kembali Berjalan

Kepala Bagian Pembangunan Setkab PPU Nicko Herlambang
Kepala Bagian Pembangunan Setkab PPU Nicko Herlambang

Kaltimku.id, PPU – Proyek pembangunan jembatan tol Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) hingga kini belum ada kepastian. Lelang investasi jembatan tol penghubung Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim  dengan Kota Balikpapan tersebut, saat ini berstatus dihentikan.

Penghentian lelang investasi dari megaproyek senilai lebih kurang Rp 15 triliun tersebut, lantaran disinyalir pemerintah pusat masih fokus pada pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Bacaan Lainnya

Kepala Bagian Pembangunan Setkab PPU Nicko Herlambang menuturkan di tahun 2019, Jembatan tol sepanjang 7,9 kilometer (Km) sempat dilelang oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Proses lelang investasinya saat ini masih dihentikan. Karena, setelah penetapan pemindahan IKN ke wilayah Kecamatan Sepaku, PPU, muncul wacana titik jembatan akan dipindahkan. Tetapi, belakangan Kementerian PUPR mengurungkan wacana pemindahan titik pembangunan jembatan tol,” ujar Nicko, Senin (10/1/2022).

Dikatakan Nicko, desain jembatan yang membentang antara Nenang dan Pantai Melawai Balikpapan tersebut sudah final. Ketinggian badan jembatan dengan permukaan air laut saat kondisi pasang tertinggi telah disepakati Kementerian Perhubungan , yakni mencapai 65 meter dari sebelumnya 50 meter.

Tidak hanya itu, dokumen kelengkapan lelang investasi sudah dipenuhi. Ia berharap pemerintah pusat melanjutkan lelang investasi untuk pembangunan jembatan tol teluk Balikpapan, sekaligus mendukung keberadaan IKN. Terlebih pemerintah daerah sudah menyetorkan dana penyertaan modal sebesar Rp 3 miliar untuk uji kelayakan.

“Kita berharap proyek ini tetap berlanjut. Kenapa, karena anggaran jembatan tol tidak menggunakan APBD ataupun APBN, tetapi melalui pendanaan swasta,” terangnya.

Seperti diketahui, rencana pembangunan jembatan tol penghubung PPU dengan Balikpapan, diinisiasi oleh PT Waskita Karya, Pemkab PPU, Pemkot Balikpapan dan Pemprov Kaltim. Keberadaan jembatan tol teluk diproyeksikan meningkatkan potensi ekonomi di wilayah PPU, serta mampu mendukung akses menuju IKN dari sisi selatan.*

Editor: Hary BS

Pos terkait