Presiden Jokowi, Karhutla karena Ulah Manusia

Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo dalam Video Conference. (istimewa)

Kaltimku.id, JAKARTA – Presiden Republik Indoenesia Ir H Joko Widodo menyebut, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) karena ulah manusia, baik disengaja atau tidak. Motifnya ekonomi.

Hal ini dikatakan Presiden Jokowi dalam Video Conference (vidcon) yang salah satunya diikuti Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak, MSi, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs Hariyanto, SH, MHum, Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol Jefri Yanus Endolemba Torunde, serta pejabat Polda Kaltim lainnya.

Tampak Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak, MSi, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs Hariyanto, SH, MHum, Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol Jefri Yanus Endolemba Torunde, dan pejabat Polda Kaltim lainnya. (istimewa)

Beberapa wilayah di Indonesia yang terbilang kerap terjadinya kebakaran hutan, kata Presiden diantaranya Provinsi Riau, Kalimantan Barat (Kalbar), dan lainnya. Orang nomor satu di Indonesia ini mengimbau agar waspada potensi karhutla.

Selain itu, Presiden meminta kepada aparat hukum agar tegas kepada pembakar hutan. “Saya minta, penegak hukum, tegas kepada pembakar hutan,” tekan Presiden Jokowi di vidcon siaran langsung yang ditayangkan sebuah televisi swasta nasional, Senin (22/2/21).

Terkait dengan mengatasi karhutla, Presiden menyarankan, manfaatkan teknologi dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan yang biasa terjadi setiap musim kemarau.

Menurut Presiden, kegiatan ini (vidcon) dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan kepada setiap daerah rawan karhutla, untuk memanfaatkan teknologi dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan yang biasa terjadi tiap musim kemarau.

“Diperlukan koordinasi, sinergitas serta kerja sama yang baik dari semua pihak untuk menangani karhutla dengan menggunakan teknologi saat ini,” kata Presiden Jokowi.

Kendati sekarang ini sedang musim hujan, Polda Kaltim akan lebih awal dalam pencegeahan karhutla yang kerap terjadi setiap tahunnya di wilayah Kaltim. Mulai dari memberikan sosialisasi edukasi tentang bahaya karhutla kepada masyarakat serta akan menindak para pelaku yang sengaja membakar lahan.

Terkait dengan pencegahan karhutla, pihak terkait di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sudah melakukan koordinasi, Rabu (17/2/21) lalu.

Saat itu, hadir Kapolres PPU AKBP Hendrik Hermawan, S.I.K, Dandim 0913 PPU Letkol Inf. Dharmawan Setyo Nugroho, SIP dan Plt Sekda Kabupaten PPU Dr Muliadi, SH, MHum, MSi yang digelar Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) PPU di Aula Lantai I Pemerintah Kabupaten PPU.

Tidak terlepas dari kebarakan, beberapa hari lalu, terjadi kebakaran rumah di kawasan Kota Balikpapan dan wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) serta lainnya.*

Pos terkait