Tambah 45 Pasien Sembuh Covid-19, Balikpapan Turun Level 3

Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud.

Kaltimku.id, BALIKPAPAN  – Pasien dalam perawatan di wilayah Kota Balikpapan semakin hari kian Berkurang. Menurunnya pasien Covid-19 di beberapa rumah sakit dan menjalani isolasi mandiri (Isoman) itu disebabkan berkurangnya warga terpapar dan kematian serta terus meningkatnya pasien sembuh.

Pada Sabtu (18/9/2021), Balikpapan, Kalimantan Timur bertambah lagi kasus kesembuhan sebanyak 45 pasien. Sedangkan kasus terkonfirmasi bertambah lebih rendah, yakni 26 orang dan kasus kematian 3 orang.

Bacaan Lainnya

Sementara, pasien yang masih dalam perawatan dibeberpa rumah sakit dan menjalani isolasi mandiri (isoman) di wilayah Wali Kota H Rahmad Mas’ud ini, tercatat 300 lebih. Angka ini terbilang jauh menurun dibanding sebelumnya.

Ratusan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 akan mengikuti vaksinasi.

Terkait dengan terus bertambahnya pasien yang dinyatakan sembuh, penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan Level 4 yang berlangsung beberapa pekan lalu berubah atau turun menjadi Level 3.

Penurunan itu diketahui setelah Wali Kota Rahmad Mas’ud dan unsur terkait lainnya mengikuti video conference bersama pemerintah pusat pada hari yang sama.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada seluruh keluarga Balikpapan. Kita jangan jumawa dan berbangga dulu. Karena pandemi Covid-19 masih terjadi. Itu juga arahan dari Pak Menteri,” kata Wali Kota Rahmad, seraya berpesan kepada seluruh masyarakat Balikpapan, agar tidak abai dengan protokol kesehatan (prokes).

Kendati sudah turun menjadi PPKM Level 3, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan masih menerapkan penyekatan dibeberapa lokasi/jalan.

Menurut Wali Kota Rahmad Mas’ud, penyekatan itu tetap ada, namun ada perubahan waktunya saja. Seperti mal jam operasionalnya dinaikkan 1 jam dari jam sebelumnya (20.00).

Penyekatan jalan dimulai pada sore hari sekitar pukul 17.00 Wita. Lokasinya, Jalan Jenderal Sudirman ke arah Jalan Mayjen Sutoyo, Jalan Jendral Sudirman ke arah Jalan MT Haryono, Jalan MT Haryono ke Arah Balikpapan Baru, Jalan Syarifuddin Yoes ke arah Jalan Bejebeje dan lainnya.

Selain itu, pembelajaran tatap muka (PTM), menurut Wali Kota Rahmad Mas’ud, akan terus dilakukan persiapan secara bertahap. Karena sudah level 3, kemungkinan PTM mulai bisa dilakukan.

Sementara itu, menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Zulkifli, pembelajaran tatap muka pada dasarnya dari Kementerian tidak menyebutkan secara resmi. Namun di Pulau Jawa, untuk daerah dengan level 3 dilakukan PTM secara terbatas.

Dia belum bisa memberi keputusan, karena masih melihat perkembangan lebih lanjut, apakah PPKM Level 3 bisa bertahan atau sebaliknya. Soal turun level, kepastian pelonggarannya akan dibahas selanjutnya dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).*

Pos terkait