Tepat Merawat 25 Pasien, Kabupaten Paser Melompat ke Zona Kuning

Kaltimku.id, PASER – Tepat merawat pasien terserang virus Corona berjumlah 25 orang, wilayah Kabupaten Paser/Tanah Grogot, Kalimantan Timur (Kaltim), sementara ini berhasil melompat ke zona kuning atau daerah dengan risiko rendah Covid-19, Selasa (12/10/2021).

Beberapa hari sebelumnya, wilayah Bupati dr Fahmi Fadli ini, berdampingan dengan daerah Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dan Kota Samarinda di zona oranye alias daerah dengan risiko sedang Covid-19.

Bacaan Lainnya

Sementara ini, Kabupaten Paser melompat ke zona kuning bergabung dengan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang sudah lebih dulu menyandang daerah dengan risiko rendah dari serangan virus Corona.

Bergesernya zona oranye ke kuning, karena wilayah Paser ketambahan 3 kesembuhan pasien, sedangkan kasus terkonfirmasi positif hanya bertambah 1 kasus dan tidak ada kematian. Sehari sebelumnya Paser merawat 27 pasien, karena berkurang 2 pasien dalam perawatan/isolasi, maka masuk dalam zona kuning.

Selama setahun lebih, kasus terkonfirmasi Covid-19 di wilayah yang satu daratan dengan Kabupaten PPU ini berjumlah 8.273 kasus, setelah bertambah seorang warga terserang virus Corona. Pasien yang dinyatakan sembuh 7.980 orang, setelah bertambah 3 orang. Tidak ada kasus kematian di Kabupaten Paser, sehingga jumlahnya tetap 268 orang.

Hingga mencapai statusnya menjadi daerah risiko rendah, pemerintah kabupaten setempat bersama TNI-Polri dan unsur terkait lainnya berusaha mengahalau serbuan Covid-19. Salah satunya dengan menggelar vaksinasi.

Masyarakat yang mengikuti vaksinasi di wilayah Kabupaten Paser berjumlah ratusan, yakni 756 orang yang antre ingin di suntik vaksin. Dari 7 ratus lebih itu, 133 peserta mengikuti suntik vaksin tahap pertama atau dosis 1 dan 623 warga ingin mengikuti vaksinasi tahap 2. Para peserta menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kegiatan vaksinasi massal yang berlangsung di Aula Pondok Pesantren Trubus Iman di kawasan Desa Padang Pengrapat Kecamatan Tanah Grogot ini, ditinjau Kapolres Paser AKBP Eko Susanto SIK, ditemani pendiri Pondok Pesantren Trubus Iman H Toni Budiarto, Kabag SDM AKBP Tohari Kuswitanto dan Kapolsek Tanah Grogot.

Kapolres meminta, meski sudah mendapatkan vaksin, para santriwan dan santriwati tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.*

Pos terkait