Timnas Indonesia Segrup dengan Japan, Irak dan Vietnam di Piala Asia 2023 Qatar

Kaltimku.id Timnas Indonesia yang kembali lolos ke Piala Asia setelah cukup lama absen, akhirnya bertemu lawan-lawan cukup berat setelah dilakukan drawing di Doha, Qatar, Kamis (11/5/2023).

Proses drawing yang juga disaksikan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, dimulai pukul 14.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB dan pukul 19.00 WITA, Timnas Indonesia yang masuk di Grup D bertemu dengan dua tim peserta Piala Dunia 2022, Jepang dan Irak serta musuh bebuyutan di level Asia Tenggara, Vietnam.

Bacaan Lainnya

Piala Asia 2023 akan digelar pada 12 Januari – 10 Februari di Qatar dan diikuti 24 tim yang dibagi dalam 6 grup. Grup A ditempati oleh tuan rumah Qatar, China, Tajikistan, Lebanon.

Grup B beranggotakan Australia, Uzbekistan, Syria dan India. Grup C terdiri dari Iran, Uni Emirat Arab, Hongkong dan Palestina. Grup D Japan, Indonesia, Irak dan Vietnam. Grup E Korea Selatan, Malaysia, Jordania dan Bahrain serta Grup F Saudi Arabia, Thailand, Kyrgyzstan dan Oman.

Timnas Indonesia yang (mungkin) masih dilatih oleh Shin Tae-yong akan diperkuat sejumlah pemain naturalisasi keturunan Indonesia, seperti Jordi Amat Maas, Sandy Wals, Elkan William Tio Baggott, Shayne Pattinama, Stefano Lilipaly dan Marc Klok.

Dengan tambahan amunisi pemain-pemain naturalisasi plus pemain-pemain asli pribumi, seperti Asnawi Mangkualam Bahar, Pratama Arhan, Witan Sulaiman, Rachmat Irianto, Saddil Ramdani, Nadeo Argawinata dan lainnya, diharapkan Timnas Indonesia mampu lolos dari fase grup.

Timnas Indonesia memang memiliki rangking FIFA paling rendah di grupnya, yakni 149, Jepang peringkat 20 atau nomor satu di Asia, Irak 67 dan Vietnam 95.

Namun begitu, Erick Thohir meyakini tim asuhan Shin Tae-yong akan memberi kejutan bagi lawan-lawannya di Piala Asia 2023 Qatar.*

Jadwal Timnas Indonesia

Indonesia Vs Irak

15 Januari 2024

Vietnam Vs Indonesia
21 Januari 2024

Jepang Vs Indonesia
27 Januari 2024

Pos terkait