Alhamdulillah! PPU Zero Kasus Covid-19

Infografis Covid-19 PPU
Infografis Covid-19 PPU

Kaltimku.id, PPU – Satu pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur dinyatakan selesai menjalani isolasi mandiri. Berakhirnya masa isolasi pasien Covid-19 menjadikan Kabupaten PPU saat ini zero kasus.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten PPU, dr Jansje Grace Makisurat mengatakan saat ini wilayah Benuo Taka bebas dari pasien terpapar virus corona.

Bacaan Lainnya

“Hari ini satu pasien positif sudah dinyatakan sembuh. Dengan demikian wilayah kita tidak ada kasus positif aktif,” ujar Grace, Jumat (3/12/2021).

Selain pasien sembuh, pasien dengan status suspek juga nihil. Baik kasus suspek isolasi mandiri maupun dirawat di rumah sakit.

Berdasarkan data kumulatif kasus penyebaran Covid-19 di wilayah PPU terhitung sejak awal pandemi pada 22 Maret 2020 hingga 3 Desember 2021, kasus terkonfirmasi positif mencapai 4.446. Angka kematian akibat Covid-19 sebanyak 231 jiwa dan pasien sembuh mencapai 4.215 orang.

Adapun jumlah kasus suspek sebanyak 6.097 dengan 32 orang meninggal akibat penyakit penyerta. Saat ini, empat wilayah kecamatan berstatus zona hijau atau tidak ada penambahan kasus.

Untuk data penyebaran kasus per wilayah, Kecamatan Penajam menjadi yang tertinggi 2.206 dan 102 kematian, Kecamatan Waru sebanyak 462 dan 23 meninggal, Babulu 666 kasus ditambah 50 warga meninggal, dan Sepaku dengan 937 kasus positif dengan 56 diantaranya meninggal.

Meski sudah zero kasus, namun pihaknya mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan euforia berlebihan. Pasalnya, ancaman penyebaran Covid-19 masih bisa terjadi. Untuk itu ia meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Tetap jaga kewaspadaan dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Jangan abai,” tandas Grace.*

Editor: Hary T BS

Pos terkait