Antisipasi Penyakit Pasca Banjir Sumber Sari, Dinkes PPU Gelar Baksos

Kegiatan Baksos Dinkes PPU untuk korban banjir Babulu. (Ist)
Kegiatan Baksos Dinkes PPU untuk korban banjir Babulu. (Ist)

Kaltimku.id, PPU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar bakti sosial (baksos) ke Desa Sumber Sari, ditujukan bagi ribuan warga korban terdampak banjir di salah satu wilayah di Kecamatan Babulu tersebut.

Kadinkes PPU, dr Jansje Grace Makisurat mengatakan kegiatan bakti sosial sekaligus dalam rangka memperingati hari kesehatan nasional (HKN) ke-57. Melalui kegiatan pengobatan pasca banjir.

Bacaan Lainnya

“Tujuan kami kesini untuk memberikan pengobatan sebagai langkah antisipasi warga terserang penyakit,” ujar Grace, Selasa (19/10/2021).

Menurut Grace, pasca banjir berbagai penyakit akan mudah menyerang warga, seperti diare, gatal-gatal, batuk, pilek hingga mudah lelah. Pelayanan yang diberikan petugas medis meliputi, pengobatan umum, IVA test, gula darah, tensi.

Selain deteksi penyakit umum, dinas kesehatan juga membagikan kelambu nyamuk. Hal itu guna mencegah terjangkitnya penyakit malaria dan demam berdarah pada korban banjir.

“Biasanya masih banyak genangan pasca banjir. Nah kondisi itu berpotensi menimbulkan banyak nyamuk,” terangnya.

Kegiatan pengobatan dan deteksi penyakit pasca banjir, dilaksanakan di puskesmas induk dan puskesmas pembantu. Puluhan tenaga medis diterjunkan guna melayani masyarakat Desa Sumber Sari. Tidak hanya anak-anak, sasaran upaya pencegahan penyakit juga ditujukan bagi orang dewasa.

“Yang rentan terkena penyakit ini kan anak-anak. Tapi kita juga melayani semua usia. Dan yang datang ke puskesmas tidak harus yang sakit loh, sebelum sakit atau bergejala bisa konsultasi ke petugas,” tandasnya.*

Editor: Hary T BS

Pos terkait