Ayah “Gendeng” Siram Anaknya Air Panas

Kaltimku.id, BALIKPAPAN – Ayah kandung yang boleh dibilang ‘gendeng,’ karena tega melakukan penyiraman air panas terhadap AFC, anak kandungnya yang berusia 9 tahun, dibekuk Satreskrim Polresta Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), pada Rabu (15/9/2021). Pelaku yang berinisial HSN (40), warga Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan (Balsel) berprofesi sebagai wakar atau buruh pengamanan.

Saat menggelar Pres Rilis di Mapolresta Balikpapan, Senin (20/9/2021), Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro mengatakan, kejadian penyiraman bermula ketika sang ayah melihat anaknya sedang menggoreng roti.

Bacaan Lainnya

Kemudian, tanpa alasan yang jelas pelaku membuang minyak bekas menggoreng roti dan menyuruh anaknya untuk masuk ke kamar mandi dan melempar kepala korban dengan jepitan gorengan ke arah kepala korban.

Selanjutnya, pelaku menyuruh korban untuk jongkok di kamar mandi dan langsung mengambil sebuah panci yang terbuat dari bahan alumunium yang dipergunakan untuk merebus daun singkong dan menyiramkan air rebusan tersebut ke tubuh korban.

“Korban mengalami luka bakar sekitar 45 persen, karena air panas yang disiram pelaku mengenai tubuh korban dan bagian paha kanan korban,” ucap Kompol Rengga dengan nada prihatin.

“Saat ini korban tengah dalam perawatan pihak rumah sakit Kanudjoso Djatiwibowo,” sambung Kompol Rengga, dan menambahkan, berdasarkan keterangan ibu korban, pelaku memang sering melakukan tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) termasuk melakukan kekerasan terhadap korban.

“Hanya saja tidak pernah dilaporkan. Dan saat kejadian itulah puncak kekerasan yang dilakukan pelaku, sehingga pelaku dilaporkan kepada pihak berwajib,” jelas Kasat Reskrim Polresta Balikpapan.

Atas perbuatannya pelaku akan dikenakan Pasal 80 Ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 tentang perlindungan ana atau KDRT Pasal 44 Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2004.*

Wartawan: Ariel S

Pos terkait