Kapolres PPU Imbau Masyarakat di Rumah Saat Rayakan Malam Pergantian Tahun

Kapolres PPU AKBP Hendrik Hermawan meminta masyarakat di rumah saat malam pergantian tahun
Kapolres PPU AKBP Hendrik Hermawan meminta masyarakat di rumah saat malam pergantian tahun

Kaltimku.id, PPU – Kapolres Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur AKBP Hendrik Hermawan mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas yang menimbulkan kerumunan saat merayakan pergantian tahun 2022. Hal itu guna menghindari ancaman terjadinya penyebaran varian baru Covid-19, yakni Omicron.

“Saya imbau kepada masyarakat agar dalam merayakan malam pergantian tahun tidak berlebihan. Apalagi masuknya varian Omicron masih jadi ancaman serius bagi kita semua,” ujar Kapolres saat konferensi pers di Mapolres, Jumat (31/12/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, momen pergantian tidak harus dirayakan dengan melakukan euforia berlebihan. Namun cukup dirayakan bersama keluarga di rumah. Upaya mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, Polres PPU juga melaksanakan patroli hingga penyekatan terhadap akses menuju obyek wisata dengan mendirikan pos di beberapa titik.

Sejalan dengan surat edaran yang dikeluarkan pemerintah daerah, pihaknya juga melarang kegiatan pawai maupun konvoi kendaraan. Pasalnya, hal itu bisa menyebabkan kerumunan yang bisa berdampak resiko penyebaran Covid-19.

“Cukup merayakan pergantian kumpul bersama keluarga di rumah. Tidak harus keluar dan menimbulkan kerumunan. Karena resisten terjadi transmisi penyebaran Covid cukup beresiko,” jelas Hendrik.

Upaya meningkatkan kekebalan kelompok melalui vaksinasi terus dijalankan Polres PPU. Sejauh ini, cakupan vaksinasi di wilayah Benuo Taka mencapai 73 persen atau melebihi target pemerintah pusat.

Kendati demikian, cakupan vaksinasi bagi lansia masih terbilang rendah. Sejauh ini, vaksinasi dengan sasaran warga di atas 60 tahun tersebut, berada di angka 55 persen dari 10.314 sasaran.

“Saya meminta kepada masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi agar segera datang ke gerai-gerai vaksin. Agar herd immunity di wilayah kita semakin terbentuk sesuai target pemerintah pusat,” pungkasnya.*

Editor: Hary BS

Pos terkait