Kompol Totok: Kasus Narkoba dan Pencurian Kerap Terjadi di Kota Tua

Kaltimku.id, BALIKPAPAN – Sepanjang bulan Januari hingga Juni 2021, sejumlah kasus ditangani pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Tercatat, kasus Narkotika dan kasus Pencurian masih sering terjadi di kawasan “Kota Tua” Balikpapan Barat.

Kepala Sektor (Kapolsek) Balikpapan Barat Kompol Totok Eko Darminto menuturkan, sepanjang Januari hingga Juni terdapat 12 kasus narkotika yang berhasil diungkap jajarannya.

“Jadi sepanjang bulan Januari hingga Juni, kasus narkoba lebih mendominasi dan sering diungkap peredarannya di Balikpapan Barat,” ungkap Kompol Totok saat media ini menyambangi ruang kerjanya, Jln Letjend Soeprapto, Kelurahan Marga Sari, Balikpapan Barat, Jumat, 11 Juni 2021.

Pihaknya, lanjut Kompol Totok Eko Darminto, hingga saat ini terus gencar melakukan pencegahan dengan melakukan giat rutin yang ditingkatkan.

“Jadi baik itu Babinkabtimas semua kegiatannya ditingkatkan dengan mengunjungi wilayah di setiap RT,” urainya.

Hal tersebut dilakukan agar semakin banyak pengungkapan peredaran narkoba di kawasan Balikpapan Barat, sehingga generasi muda banyak yang terselamatkan.

Kompol Totok menegaskan, terkait permasalahan narkoba dirinya akan bersikap tegas dan berkomitmen akan memberantas peredarannya di masyarakat.

Dirinya juga sudah menginstruksikan ke jajarannya agar menjauhi dan jangan pernah sekali-kali berteman dengan narkoba.

Kepada awak media ini, Kompol Totok tidak memungkiri jika kawasan Gunung Bugis masih menjadi sarang peredaran narkoba di wilayah hukumnya.

“Bukannya kawasan lain tidak ada peredaran narkobanya, tapi kawasan Gunung Bugis sudah menjadi pasar dalam peredaran narkoba,” ucapnya.

Bahkan, baru-baru ini kasus pengungkapan yang terjadi di Jln Adil Makmur, tersangka yang berhasil diamankan berencana akan memasarkan narkoba yang dimilikinya di kawasan Gunung Bugis.

“Jadi, pemasok narkoba di kawasan Gunung Bugis berasal dari luar daerah, baik itu dari Samarinda, Balikpapan Timur, Selatan dan Utara dan Barat sebagai pasarnya,” pungkasnya.*

Wartawan: Ariel S

Pos terkait