Pasien Sembuh Covid-19 di Kaltim Cenderung Meningkat

Petugas gabungan menyemprotkan cairan disinfektan di fasilitas umum. (ist)

Kaltimku.id, BALIKPAPANDalam Lima hari terakhir ini, pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) cenderung meningkat. Peningkatan ini terlihat sejak 29 April-3 Mei 2021 yang jumlahnya mencapai 832 orang.

Penambahan pasien sembuh diseluruh kabupaten/kota kurang lebih sepekan itu 159, 176, 192, 128, dan 177 orang. Sehingga jumlahnya pada Senin (3/5/21) sebanyak 65.698 pasien. Diharapkan penambahan pasien sembuh terus bearlangsung, sehingga pasien terkonfirmasi Covid-19 bisa berkurang.

Sedangkan kasus terkonfirmasi Covid-19 dalam kurun waktu yang sama tambahannya dibawah angka pasien sembuh, yakni 579 kasus. Rinciannya, 145, 161, 137, 52, dan 84 kasus, sehingga jumlahnya 68.901 kasus.

Khusus penambahan pasien sembuh pada hari Senin itu yang terbanyak disumbang dari Kabupaten Kutai Timur (Kutim), 44 orang. Kabupaten Kutai Barat (Kubar), 39. Kota Balikpapan, 31 pasien.

Kota Samarinda (20). Kabupaten Berau dan Kota Bontang, masing-masing 11 orang. Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kabupaten Paser/Grogot, masing-masing 9 dan 6 orang. Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), masing-masing menambah 4, dan 2 pasien sembuh.

Terkait dengan masih adanya penyebaran Covid-19, pemerintah bersama unsur berwenang terus melakukan imbauan/edukasi tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan (prokes), diantaranya disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menghindari kerumunan, mengurangi aktivitas di luar rumah, dan vaksinasi.

Salah satu upaya untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19, aparat gabungan melakukan Opreasi Yustisi diberbagai lokasi/tempat sekaligus memberikan sanksi kepada pelanggar yang tidak memakai masker.

Berbagai cara sudah dilakukan untuk memutus mata rantai penularan virus Corona diseluruh kabupaten/kota di wilayah Kaltim.*

Pos terkait