Kaltimku.id, BALIKPAPAN – Pematangan persiapan program layanan 110 yang akan dilaunching usai Lebaran mendatang, terus dilakukan Polda Kalimantan Timur (Kaltim).
Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak MSi, selaku pimpinan tertinggi di Polda Kaltim bahkan turun langsung untuk meninjau kesiapan yang dilakukan oleh Polresta Balikpapan sebagai pilot project di Provinsi Kaltim untuk layanan 110.
Seperti diketahui, pada 20 April lalu, Kapolda Kaltim telah meninjau Kesiapan personel, perangkat elektronik, aplikasi yang dibutuhkan hingga operator di Mapolresta Balikpapan.
Kali ini, Jenderal Bintang Dua tersebut kembali menyambangi Mako Polresta guna mengecek kesiapan kendaraan Roda 4 maupun Roda 2 yang akan dijadikan sebagai kendaraan patroli pada layanan 110, Senin (10/05/2021).
“Hadirnya layanan ini untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan secara mudah, responsif, dan tidak diskriminatif,” ujar Kapolda.
Layanan yang lahir berkat kerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) ini dibentuk untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap terselenggaranya layanan keamanan publik.
Dalam penyelenggaraan layanan contact center, telah disiapkan sebuah sistem aplikasi yang dapat memungkinkan pencatatan atau perekaman setiap interaksi Polri dan masyarakat sehingga dimungkinkan pengendalian respons kebutuhan masyarakat terhadap Polri.
Sistem tersebut direncanakan akan membuka saluran via telepon, sms, email, fax, dan media sosial yang didukung oleh jaringan Telkom Group di Indonesia.*
Wartawan: Ariel A