Polresta Balikpapan Bekuk Pengedar dan Pemakai Narkoba di Gunung Bugis

Kaltimku.id, BALIKPAPAN – “Kampung Tangguh” yang dibentuk oleh Polresta Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) di kawasan Jln Wolter Monginsidi, Gunung Bugis, Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat, berhasil membekuk para pengedar dan pemakai barang haram jenis sabu-sabu.

Para tersangka yang berjumlah lima orang tersebut diamankan di kawasan Jln Wolter Monginsidi oleh Satresnarkoba Polresta Balikpapan, pada Jumat (8/10/2021) lalu. Dari lima orang yang diamankan tersebut, dua orang di antaranya merupakan pengedar.

Bacaan Lainnya

Kedua pengedar masing-masing berinisial SE (33) warga Jalan Wolter Monginsidi RT 23 Kelurahan Baru Ulu Kecamatan Balikpapan Barat, dan CA (32) warga Jalan Perumahan Korpri, Blok 1E RT 24 Kelurahan Sepinggan Baru Kecamatan Balikpapan Selatan.

“Jadi pengungkapan peredaran barang haram tersebut berdasarkan informasi masyarakat, di mana diketahui Polresta Balikpapan telah membentuk “Kampung Tangguh” di kawasan tersebut,” ucap Kasatresnarkoba Polresta Balikpapan AKP Tasimun saat Pres Rilis di halaman Mapolresta Balikpapan, Senin (11/10/2021).

Dari hasil pengungkapan, tambah AKP Tasimun, berhasil diamankan barang bukti berupa 2 paket sabu seberat 0,64 gram dari tangan tersangka CA. Dari tersangka SE petugas berhasil mengamankan satu paket sabu yang dikemas didalam plastik seberat 0,26 gram

AKP Tasimun menuturkan dari lima tersangka yang diamankan, tiga di antaranya merupakan pemakai, yang kebetulan saat diamankan datang ketempat kejadian untuk membeli. Sehingga, ketiga tersangka tersebut hanya menjalani rehabilitasi di Yayasan Sekata di Batu Ampar, Balikpapan Utara.

“Petugas memang berhasil mengamankan lima tersangka, hanya saja tiga di antaranya hanya pemakai, karena dari hasil tes urine menunjukan hasil positif,” beber Tasimun.

Kedua tersangka yang merupakan pengedar akan dikenakan Pasal 114 ayat (2) subs Pasal 112 ayat (2) UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman penjara minimal 6 tahun hingga 20 tahun.

Pasal 114 ayat (1) subs Pasal 112 ayat (1) UU No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika., dengan ancaman penjara minimal 4 tahun hingga 12 tahun.*

Wartawan: Ariel S

Pos terkait