Selama Puasa, Layanan Adminduk di PPU Berjalan Stabil

Suasana pelayanan adminduk di kantor Dukcapil Kabupaten PPU.
Suasana pelayanan adminduk di kantor Dukcapil Kabupaten PPU.

Kaltimku.id, PPU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) mencatat, layanan administrasi kependudukan (Adminduk) selama bulan puasa 1442 Hijriah, tidak mengalami perubahan di banding hari-hari biasa.

Dalam sehari, warga yang datang mengurus adminduknya rata-rata mencapai 70 hingga 100 orang, tidak berbeda saat hari biasa. Layanan kependudukan masih tetap didatangi oleh warga, meski di bulan puasa.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten PPU, Suyanto menuturkan warga yang datang ke kantor tidak mengalami perbedaan signifikan. Sebagian besar, warga mengurus layanan Kartu Keluarga (KK) dan cetak Elektronik KTP (KTP-el).

“Tetap aja mas tidak ada perbedaan, saat puasa maupun sebelum puasa,” ujar Suyanto, Rabu (21/4/2021).

Operasional layanan kependudukan, kata Suyanto, dibuka mulai 08.00 pagi hingga 13.00 Wita. Waktu buka layanan selama bulan Ramadan berkurang satu jam dari hari biasa, yakni 14.00 Wita. Selama puasa, layanan kependudukan berjalan lancar tanpa kendala berarti.

“Alhamdulillah selama layanan di bulan puasa, semuanya berjalan normal dan lancar,” bebernya.

Adapun layanan kependudukan yang dapat diurus di kantor Dukcapil, di antaranya cetak dan perekaman KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA), Pindah Datang serta Pencetakan Kartu Keluarga. Selain itu, pembuatan Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perceraian dan Perkawinan.

Selama bulan Ramadhan ini, layanan adminduk banyak didominasi oleh pembuatan KK dan pencetakan KTP-el. Sementara data perekaman baru serta pembuatan akta, angkanya fluktuatif.*

Editor: Herry T BS

Pos terkait