Sempat Hijau, Kecamatan Waru Kembali ke Zona Kuning

Data Infografis Kasus Covid-19 Kabupaten PPU
Data Infografis Kasus Covid-19 Kabupaten PPU

Kaltimku.id, PPU – Sempat berada di zona hijau dalam sepekan terakhir, tapi kasus penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) kembali naik, hingga Waru ke zona kuning.

Sebanyak 10 warga Kecamatan Waru tercatat terkonfirmasi positif swab antigen. Namun dari jumlah tersebut tak satupun menjalani perawatan. Kendati status naik ke level lebih tinggi, Waru menjadi wilayah dengan jumlah terpapar paling minim.

Bacaan Lainnya

“Dua kecamatan lain selain Waru juga berstatus zona kuning, yakni Babulu dan Sepaku. Satu-satunya zona merah, yakni Kecamatan Penajam,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten PPU, dr Jansje Grace Makisurat, Minggu (12/9/2021).

Grace menjelaskan, saat ini pasien positif Covid-19 dirawat tersisa enam orang. Lima warga Penajam dan satu orang warga Sepaku. Pasien dari wilayah Sepaku sudah jalani perawatan di RSUD Sepaku yang dibuka sejak 5 Agustus 2021 lalu.

Berdasarkan data kumulatif kasus penyebaran Covid-19 di wilayah Benuo Taka sejak 22 Maret 2020 hingga 12 September 2021, total kasus positif mencapai 4.332. Pasien meninggal sebanyak 223 orang dan 3.988 orang dinyatakan sembuh.

“Saat ini, kasus positif aktif di kita tersisa 121 orang. 115 orang menjalani isolasi mandiri,” terangnya.

Persentase kesembuhan di Kabupaten PPU terus menunjukan angka positif. Angka kesembuhan di PPU saat ini mencapai 92 persen.

Meski masuk kategori rendah kasus penyebaran Covid-19, Grace yang juga Kadinkes PPU mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

“Jangan lengah dan abai tetap patuhi prokes minimal 3M,” pungkas Grace.*

Editor: Hary T BS

Pos terkait