Stok Vaksin di Dinkes PPU Kosong

Kepala Dinas Kesehatan PPU, dr Jansje Grace Makisurat menyatakan stok vaksin di kantornya kosong.
Kepala Dinas Kesehatan PPU, dr Jansje Grace Makisurat menyatakan stok vaksin di kantornya kosong.

Kaltimku.id, PPU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) masih menunggu kedatangan vaksin Covid-19 tahap kedua. Sejauh ini, 4.000 dosis vaksin yang dijanjikan Pemerintah Provinsi Kaltim belum datang.

Kepala Dinas Kesehatan PPU, dr Jansje Grace Makisurat mengungkapkan, vaksinasi tahap kedua rencananya diprioritaskan bagi guru, lansia, petugas pelayanan publik hingga calon jamaah haji. Namun saat ini vaksin hanya tersedia di Puskemas, itupun untuk penyuntikan di tahap kedua.

“Stok kita kosong, sampai sekarang kita masih menunggu ini dari Provinsi. Dari pusat juga belum ada kabar, nggak tahu ini,” ujar Grace, Rabu (21/4/2021).

Informasi kedatangan vaksin dari Provinsi Kaltim hingga saat ini belum jelas. Sedangkan proses vaksinasi covid-19 di PPU sudah berjalan sejak awal Februari lalu. Di tahap pertama, vaksinasi diutamakan bagi tenaga kesehatan (Nakes) dan non nakes. Untuk tahap kedua, petugas pelayanan publik, tenaga pendidik, lansia dan calon Jemaah haji.

Sedangkan guru jadi prioritas vaksinasi sebagai persiapan dimulainya pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Sejauh ini, proses vaksinasi guru dan tenaga pendidik sudah mencakup 70 persen. Untuk calon Jemaah haji hampir 100 persen dari 132 orang yang terdaftar.

“Rencananya ada 4.000 dosis dari Provinsi, kita belum tahu kapan tibanya. Sisa vaksin di Puskesmas itu hanya untuk penyuntikan kedua,” tutup Grace yang juga juru bicara satgas penanganan Covid-19 Kabupaten PPU tersebut.*

Editor: Herry T BS

Pos terkait