Sudah Tradisi, Keluarga Besar Bani Mas’ud Sebar 400 Sapi Kurban

Kaltimku.id, BALIKPAPAN – Keluarga Besar Walikota Balikpapan, Kalimantan Timur, H Rahmad Mas’ud melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Penyembelihan berlangsung di Rumah Jabatan (Rumjab) Walikota, Jln. Syarifuddin Yoes, Balikpapan Selatan (Balsel), Rabu (21/7/2021).

“Menyembelih hewan kurban sudah menjadi tradisi tiap tahunnya di keluarga besar Bani Mas’ud saat idul adha,” ucap Rahmad.

Tahun ini keluarganya menyebarkan sekitar 400 ekor hewan kurban jenis sapi, baik melalui Masjid, Mushola, Yayasan dan Pesantren.

Ia mengatakan, ada sebanyak 5 ekor sapi yang disembelih pada hari ini khusus di rumah jabatan. Nantinya daging kurban akan dibagikan kepada warga yang ada di sekitar rumjab dan mereka yang membutuhkan.

“Kita siapkan lima ekor sapi untuk disembelih di rumjab, kita akan bagikan kepada warga sekitar,” ujarnya.

“Untuk menghindari kerumunan, pendistribusian dilakukan dengan cara datang ke rumah warga atau door to door, sementara kupon yang disediakan sebanyak 1000 lembar,” tambahnya.

Kepada awak media ini, dirinya mengatakan jika pelaksanaan penyembelihan hewan kurban petugas penyembelih harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat (prokes) dengan melaksanakan Rapid Test Antigen.

“Jadi petugas yang melakukan pemotongan hewan kurban, kita lakukan rapid antigen, hal ini dilakukan agar prokes betul-betul berjalan,” bebernya.

“Sebelum menghimbau masyarakat, kita terlebih dahulu harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam menjalankan prokes, sehingga hal ini dapat mencegah penyebaran covid-19,” tutupnya.*

Wartawan: Ariel S

Pos terkait