Wilayah Balikpapan Ketambahan Warga Terpapar Covid-19 Tertinggi

Kaltimku.id, BALIKPAPAN – Kendati terbilang tidak terlalu banyak tambahan serbuan virus Corona di wilayah Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), tapi bisa dikatakan tertinggi ketambahan warga terpapar Covid-19 jika dibandingkan dengan wilayah kabupaten/kota lainnya.

Pada Minggu (3/10/2021), kota “Beriman” (Bersih Indah Aman dan Nyaman), bertambah 17 kasus terkonfirmasi Covid-19. Angka ini lebih tinggi dari 9 daerah lainnya seperti di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bertambah 9 kasus.

Bacaan Lainnya

Kota Samarinda 7 kasus, Kota Bontang 6, Kabupaten Berau 4, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dan Kabupaten Paser/Tanah Grogot, masing-masing bertambah 2 kasus. Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), masing-masing 1 orang.

Sedangkan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) tidak ada tambahan kasus terkonfirmasi dan kasus kematian, kecuali bertambah 5 orang pasien sembuh Covid-19. Sehingga tambahan harian kasus terkonfirmasi se kabupaten/kota di Kaltim berjumlah 49 kasus.

Selama setahun lebih kasus terkonfirmasi di wilayah Balikpapan berjumlah 38.054 kasus, setelah bertambah 17 warga terpapar Covid-19. Pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 35.945 orang, setelah ditambah 15 orang.

Dari 15 pasien sembuh tersebut, 2 orang diantaranya sempat menjalani perawatan di Grand Mustika, di kawasan Gunung Pasir. Dua pasien lagi selesai dirawat di Rumah Sakit Beriman dan 2 orang lagi rampung menjalani isolasi di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) serta 9 orang lainnya usai isolasi mandiri.

Untuk pasien yang meninggal dunia berjumlah 1.868 orang, setelah ada tambahan 1 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aji Batara Agung Dewa Sakti di Samboja.

Sementara, pasien yang masih dalam perawatan/isolasi di wilayah H Rahmad Mas’ud ini, tercatat 241 orang. Dari jumlah ini, 49 pasien positif diantaranya dalam perawatan di beberapa rumah sakit di Balikpapan dan sisanya 192 orang rampung menjalani isolasi mandiri (isoman).

Dari 241 pasien yang masih dalam perawatan tersebut tersebar di 6 kecamatan di Balikpapan. Kecamatan Balikpapan Utara dan Selatan yang sementara ini berstatus dalam zona merah atau daerah dengan kasus Covid-19 sangat tinggi, merawat 59 dan 66 warga terpapar Covid-19.

Untuk kawasan Balikpapan Kota dan Tengah yang berpredikat zona oranye alias daerah dengan risiko sedang Covid-19, masing-masing merawat 34 pasien.

Sedangkan kawasan Balikpapan Barat dan Timur yang statusnya zona kuning atau daerah dengan risiko rendah, masing-masing merawat 24 dan 16 pasien.*

Pos terkait