5 Aplikasi Browser Paling Banyak Digunakan di Smartphone

browser yang paling banyak digunakan

BROWSING adalah salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan, dimana kita bisa mencari berbagai informasi mulai dari informasi seputar ilmu pengetahuan, hiburan, berita, menonton film dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan browsing tentunya  membutuhkan sebuah aplikasi bernama browser, namun banyak sekali jenis browser yang tersedia. Nah kali ini, penulis akan membagikan lima Aplikasi browser yang paling banyak digunakan di smartphone berdasarkan data pada bulan Januari 2021 yang dilansir dari gs.statcounter.com

1. Edge (3.24%)

aplikasi browser edge

Microsoft Edge adalah browser web lintas platform yang dikembangkan oleh Microsoft. Browser ini pertama kali dirilis pada pengguna Windows 10 dan Xbox One pada 2015, lalu untuk Android dan iOS pada 2017, dan macOS pada 2019.

2. Samsung Internet (3.49%)

aplikasi browser samsung internet

Samsung Internet atau S Browser adalah browser bawaan untuk perangkat Samsung Galaxy dan juga tersedia di Tizen OS. Sejak 2015, browser ini tersedia di Play Store dan dapat dipasang di perangkat yang bukan Samsung. Karena pengguna Samsung yang sangat banyak bahkan masih menjadi brand smartphone terlaris di dunia, browser ini termasuk yang paling banyak diinstal.

3. Firefox (3.65%)

aplikasi browser firefox

Mozilla Firefox adalah web browser atau peramban web yang dapat digunakan dibeberapa sistem operasi dan memiliki sifat open source. Mozilla Firefox dapat diakses pada sistem operasi Widows, Linux dan Mac OS X serta memiliki sifat yang terbuka pengembangannya.

4. Browser Safari (19.37%)

aplikasi browser safari

Safari adalah browser buatan Apple yang dirilis untuk Mac dan Windows kemudian untuk perangkat iOS. Tetapi Safari versi mobile tidak dirilis untuk Android dan hanya dirilis eksklusif untuk pengguna iOS. Penggunaan Safari di iOS termasuk tinggi karena ternyata Safari termasuk salah satu browser yang paling banyak digunakan di smartphone. Artinya, sebagian pengguna iPhone dan iPad menggunakan Safari sebagai peramban standarnya.

5. Browser Chrome (63.63%)

aplikasi browser chrome

Tak diragukan lagi jika Google Chrome adalah browser yang paling banyak digunakan di smartphone. Chrome untuk Android sendiri mulai dirilis sejak 2012 silam dan menggantikan Android Browser sebagai peramban bawaan. Awalnya tidak begitu banyak yang menggunakan Chrome karena terlalu berat, tapi seiring berjalannya waktu dan spesifikasi smartphone yang semakin meningkat, Chrome langsung menjelma sebagai browser yang paling banyak digunakan di smartphone.

browser paling banyak digunakan
browser paling banyak digunakan Januari 2020-Januari 2021

Pos terkait