Kecepatan Internet di Indonesia Jauh Tertinggal Dibanding Negara Tetangga

kecepatan internet di indonesia

PERKEMBANGAN teknologi saat ini membuat internet menjadi salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh banyak orang. Internet bukan lagi hal yang susah untuk ditemukan pada saat ini.

Internet juga memberikan dampak positif dalam perkembangan bisnis hingga pendidikan. Bisa kamu bayangkan apa yang terjadi jika dalam satu hari internet di daerah kamu mati total.

Kecepatan internet di Indonesia terlihat terus meningkat, beberapa tahun lalu kamu pasti ingat dengan penyedia layanan internet yaitu telkomnet instant yang memberikan kecepatan internet sekitar 64Kbps, tak lama kemudian Speedy hadir dan menawarkan layanan kecepatan internet hingga 1Mbps, hingga saat ini penyedia layanan internet di Indonesia menawarkan kecepatan internet hingga 100Mbps.

Menurut laporan speedtest pada Januari 2021, rata-rata kecepatan pengguna internet mobile (handphone) di Indonesia hanya berkisar 17.33 Mbps, sedangkan rata-rata kecepatan pengguna internet broadband di Indonesia yaitu 23.77 Mbps.

Dari sisi kecepatan Internet, Indonesia tertinggal dari negara tetangga seperti Singapore dan Malaysia.

Singapore sendiri memiliki rata-rata kecepatan pengguna internet mobile sekitar 66.44 Mbps, sedangkan rata-rata kecepatan pengguna internet broadband di Singapore yaitu 247.54 Mbps. Negara Malaysia 23.74 Mbps ( internet mobile) dan 91.67 Mbps (internet broadband)

Kecepatan internet di Singapore yang cukup fantastis membuat negara tersebut menduduki peringkat peringkat ke 22 pada internet mobile dan peringkat pertama di Dunia dalam kecepatan Internet broadband. Sedangkan negara Malaysia berada di peringkat 94 (mobile) dan peringkat 44 (broadband).

Indonesia sendiri jauh tertinggal dari kedua negara tersebut. Menurut laporan speedtest, Indonesia berada di peringkat ke 121 (internet mobile) dan peringkat 115 (internet broadband).

peringkat kecepatan internet indonesia

Pos terkait