Bukan Rusak, Ini 4 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis!

baterai smartphone cepat habis

SERING KALI para pengguna smartphone zaman sekarang mengatakan,  smarpthone yang memiliki kapasitas baterai besar akan lebih awet. Namun faktanya berapapun besar kapasitas baterai pada smartphone yang kamu miliki, akan terasa hal yang sama yaitu baterai smartphone cepat habis.

Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

Banyak orang mengira baterai smartphone yang cepat habis menandakan bahwa baterai tersebut rusak, namun itu tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa hal yang membuat baterai smartphone cepat habis, berikut ulasannya.

1. Cahaya Layar

Contrast layar/keterangan cahaya layar menjadi salah satu penyebab baterai smartphone yang kamu miliki akan cepat habis. Konsumsi daya baterai akan semakin besar jika pengaturan keterangan cahaya layar disetting ke ukuran penuh. Umumnya para pengguna smartphone akan mensetel keterangan cahaya layar menjadi auto, namun kami lebih merekomendasikan anda menyetel keterangan layar secara manual, dimana kondisi layar tetap terlihat tanpa harus memiliki keterangan yang berlebihan. Jika tidak percaya coba saja bandingkan penggunaan cahaya layar penuh dan diamkan beberapa saat, maka smartphone yang kamu miliki akan lebih terasa panas.

2. Semakin Banyak Aplikasi, Semakin baterai smartphone cepat habis

Berapa banyak aplikasi yang terinstal pada smartphone kamu? Terkadang kamu akan merasa baterai berukuran besar akan lebih awet jika kamu menginstal berbagai macam aplikasi.

Namun sebenarnya semakin banyak aplikasi yang kamu install, maka penggunaan daya baterai akan lebih banyak. Contohnya saja saat kamu menginstal beberapa aplikasi seperti aplikasi ecommerce atau sosial media. Notifikasi/pemberitahuan dari aplikasi tersebut  tentunya akan menggunakan daya baterai yang kamu miliki, padahal kamu tidak sedang menggunakan aplikasi tersebut.

Walaupun tidak mengkonsumsi daya yang besar, namun tetap saja hal tersebut akan semakin terasa jika aplikasi yang kamu instal semakin banyak.

3. Semakin Canggih smartphone semakin besar konsumsi daya

spesifikasi smartphone

Jika kamu perhatikan, smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi tentu akan memiliki kapasitas baterai yang besar. Hal tersebut dilakukan demi penyesuaian penggunaan daya dari perangkat keras pada smartphone itu sendiri, seperti penggunaan daya pada SIM CARD, wifi, nfc, RAM, Bluetooth, GPS, Chipset, Gyro, Speaker dll.  Tampilan sistem dan fitur yang terus dikembangkan tentu juga akan membuat baterai yang kamu miliki semakin cepat habis.

Itu sebabnya baterai smartphone pada jaman dahulu lebih terasa awet, karena spesifikasi dan fitur yang sangat terbatas.

4. Matikan Fungsi yang tidak diperlukan

Setiap smartphone terbaru saat ini umumnya sudah memiliki fitur seperti gsm data, bluetooth, wifi dan gps. Jika kamu tidak menggunakan fitur tersebut ada baiknya untuk segera mematikannya, sehingga fitur tersebut tidak mengkonsumsi daya baterai. Contohnya saja saat kamu sedang menggunakan koneksi internet dari wifi, ada baiknya untuk mematikan paket data pada kartu gsm. Selain itu hal yang sering penulis temukan ialah gps yang terus-menerus menyala, jika tidak difungsikan ada baiknya untuk menonaktifkan gps tersebut.

Dari 4 ulasan tersebut ada baiknya buat kamu untuk memeriksa smartphone yang kamu miliki, sehingga kamu bisa memastikan apakah baterai smartphone yang kamu miliki benar-benar rusak atau karena terlalu banyak aplikasi yang terinstal. Semoga bermanfaat.

Pos terkait