Dekatkan Diri Dengan Masyarakat, Dukcapil PPU Gelar Program Interaktif

Kepala Disdukcapil Kabupaten PPU, Suyanto.
Kepala Disdukcapil Kabupaten PPU, Suyanto.

Kaltimku.id, PPU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur menggagas program Ayo Berdialog, Dukcapil Menyapa Masyarakat. Program interaktif terkait masalah kepengurusan administrasi kependudukan yang digelar dua kali dalam sebulan melalui platform virtual.

Kepala Disdukcapil Kabupaten PPU, Suyanto mengatakan program dialog bersama masyarakat untuk meluruskan informasi terkait kepengurusan identitas maupun administrasi kependudukan itu sulit. Karena itu, Dukcapil Menyapa dilakukan untuk mengubah persepsi masyarakat melalui dialog terbuka.

Bacaan Lainnya

“Masih banyak masyarakat yang menganggap layanan di Dukcapil itu ribet atau sulit, padahal tidak. Semua layanan dilakukan dengan sangat mudah,” ujar Suyanto.

Kegiatan dialog melalui zoom meeting guna meminimalisir terjadinya tatap muka. Namun, interaksi langsung tetap bisa dilakukan. Semua persoalan menyangkut kepengurusan administasi kependudukan bisa langsung ditanyakan.

Program Dukcapil Menyapa berjalan sejak Januari 2021 dan digelar dua kali dalam sebulan. Juga sebagai pengurai permasalahan yang dihadapi masyarakat saat mengurus adminduk.

“Ini kita lakukan dua kali sebulan melalui zoom dengan masyarakat, pemerintahan desa dan kelurahan,” tutur Suyanto.

Selama program berjalan, Dukcapil menyiapkan kapasitas peserta zoom meeting hingga 100 orang. Namun, kuota yang disediakan hanya terisi sekira 40 persen. Ketersediaan jaringan dinilai menjadi salah satu kendala di masyarakat. Meski begitu, kegiatan dialog interaktif secara virtual bakal terus dilaksanakan.

“Tapi kita mengerti saja. Karena membutuhkan kuota internet besar. Makanya kalau masyarakat punya WiFi, bisa mengikuti,” jelasnya.

Ia pun mengimbau agar masyarakat dapat mengambil peran dengan memberikan kritik dan saran dari seluruh program di dinasnya.

“Semakin banyak masalah, semakin baik untuk kami. Sangat membantu kami dalam memperbaiki diri untuk pelayanan lebih baik dan membahagiakan masyarakat,” pungkasnya.*(adv)

Editor: Herry T BS

Pos terkait