Dukung Hobi Anak Muda, Pemkab PPU Bangun Sirkuit

Land clearing lahan sirkuit di KM 05 Desa Giripurwa Kecamatan Penajam.
Land clearing lahan sirkuit di KM 05 Desa Giripurwa Kecamatan Penajam.

Kaltimku.id, PPU – Kabar baik bagi warga pecinta otomotif di wilayah Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim), karena mulai tahun depan bakal membangun sirkuit balap. Tentu saja, dengan akan adanya sirkuit, bakat dan hobi di dunia balap para pemuda bakal tersalurkan, dan juga dapat mengurangi maraknya balap liar di jalanan.

Nantinya, sirkuit akan berdiri di atas lahan seluas 5 hektar. Lokasinya di KM 05 Desa Giripurwa, Kecamanatan Penajam. Sedangkan jenis sirkuit, diperkirakan untuk balap motor bertipe road race.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas PUPR Kabupaten PPU, Edy Hasmoro menyebut tahun ini baru pembukaan lahan.
Kepala Dinas PUPR Kabupaten PPU, Edy Hasmoro menyebut tahun ini baru pembukaan lahan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten PPU, Edi Asmoro mengungkapkan, pembangunan sirkuit untuk memberikan wadah bagi pecinta motor menyalurkan hobi. Mengingat sejauh ini PPU belum  memiliki lintasan balap secara permanen.

“Lahannya sekitar lima hektar. Sekarang baru masuk tahap land clearing (pembukaan lahan),” ujar Edi Hasmoro saat ditemui, Jumat (16/4/2021).

Lokasi pembangunan sirkuit berada lima kilometer dari arah Simpang Tiga Silkar menuju ke Sepaku. Proses clearing sudah berjalan dengan menggunakan alat dari UPTD Dinas Pekerjaan Umum.

Dijelaskan Edy, proses pengerjaan sirkuit baru sebatas pematangan lahan. Untuk track maupun fasilitas pendukung belum dialokasikan di tahun 2021 ini.

Soal anggaran, Pemkab belum merinci kebutuhan dana pembangunan sirkuit. Detail Engineering Design (DED) sirkuit pun baru akan dibuat tahun depan.

“Anggarannya belum tersedia, baru direncanakan tahun depan. Mudahan jadi ya,” pungkas Edy.*

Pos terkait