Evaluasi Kaltim Steril di PPU, Aktivitas Pasar Kembali Normal

Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setkab PPU, Sodikin
Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setkab PPU, Sodikin

Kaltimku.id, PPU – Aktivitas pasar di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) kembali dibuka. Sebelumnya, penutupan atau pergeseran hari pasari Sabtu – Minggu ke hari lain mengikuti instruksi gubernur terkait Kaltim Steril.

Dikembalikanya aktivitas perdagangan merujuk pada kondisi perekonomian di masyarakat. Langkah menutup jadwal pasar di Sabtu-Minggu berdampak terhadap penurunan aktivitas ekonomi. Sejumlah pasar yang mengalami pergeseran hari pasar, yakni Pasar Induk Nenang, Pasar Petung, Pasar Waru dan Babulu.

“Hasil rapat dengan tim satgas (Satuan Petugas) penanganan Covid-19, berdasarkan perintah bupati, maka aktivitas pasar maupun toko kembali normal,” kata Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setkab PPU, Sodikin, Selasa (23/2/2021).

Meski hasil evaluasi penerapan Kaltim Steril di PPU, kembali ke normal. Namun ia meminta protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 dijalankan secara ketat. Evaluasi penerapan Kaltim Steril di PPU, disepakati oleh tim Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19.

Dampak dari penerapan Kaltim Steril selama dua pekan, menyebabkan aktivitas jual beli sepi. Hal itu berpengaruh terhadap menurunya aktivitas perekonomian. Dua pasar besar yakni Pasar Petung dan Pasar Induk Nenang yang jadwalnya digeser menjadi sepi pembeli.

“Yang jelas kami minta adanya kesadaran warga untuk mematuhi prokes. Bagi pedagang juga kami minta tidak melayani pembeli yang tidak pakai masker,” terangnya.

Pembukaan pasar dan perketat prokes pencegahan Covid, merupakan langkah pemerintah daerah agar kesehatan dan perekonomian masyarakat dapat berjalan.*

Editor : Herry T BS

Pos terkait