Kabupaten PPU Ditargetkan Miliki BUMDes Maju

Kaltimku.id, PPU – Perserikatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Indonesia (PBI), Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya memajukan usaha desa.

Salah satunya, merencanakan aksi menuju BUMDes maju di PPU, sesuai dengan rencana kerja dan tindak lanjut dari program P2KPM (Program Pembangunan Pemberdayaan Kelurahan dan Pedesaan Mandiri) bidang Pengembangan Ekonomi dan BUMDes.

“Kami secara intensif melakukan konsultasi ke tenaga teknis P2KPM di masing-masing wilayah,” kata Ketua II PBI Kabupaten PPU, Herly First Ayu Octavera, saat ditemui Kamis, 10 Juni 2021.

Rencana aksi menuju BUMDes Maju, diakuinya baru berjalan di wilayah Kecamatan Sepaku. Dua Desa yakni Bumi Harapan dan Semoi II jadi sasaran program rencana memanjukan BUMDes. Sejauh ini, upaya tersebut masih difokuskan di wilayah Sepaku.

“Karena masih ada beberapa desa yang belum mendapat penguatan kelembagaan. Salah satunya BUMDes di Desa Sukaraja, Tengin Baru, Bukit Raya, dan BUMDes di Desa Karang Jinawi,” beber Herly.

Namun, untuk proses pendampingan selanjutnya direncanakan di tiga Kecamatan lain, yakni Waru, Penajam dan Babulu. Menurutnya, saat ini belum ada BUMDes dengan status maju.

Disebutkan, dari 30 desa, 1 desa masih tahap pembentukan BUMDes, 6 BUMDes berstatus dasar, 6 BUMDes berkembang dan 21 BUMDes berstatus tumbuh.

“Saya berharap terus mendapatkan pendampingan agar di akhir 2021, nantinya ada BUMDes yang berstatus maju,” pungkasnya.*

Wartawan: Yudi

Pos terkait