Membludak, Peserta Vaksinasi Massal di PPU

Vaksinasi massal di Kabupaten PPU melebihi target peserta
Vaksinasi massal di Kabupaten PPU melebihi target peserta

Kaltimku.id, PPU – Program vaksinasi terpadu Dinas Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) berlangsung di Gedung Graha Pemuda, Kamis (17/6/2021). Vaksinasi massal dengan sasaran petugas pelayanan publik seperti ASN dan THL, warga lanjut usia (lansia) hingga masyarakat rentan.

Sejak proses pendaftaran pukul 08.00 Wita, penerima vaksin yang datang ke Gedung Graha Pemuda cukup banyak. Bahkan, peserta yang ingin mendapatkan vaksin gratis cukup membludak hingga menyebabkan penumpukan antrean.

Bacaan Lainnya

“Target kita pelayanan publik ASN dan THL dan warga dengan usia rentan,” kata Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan PPU, Miske Lahama.

Dijelaskan Miske, penumpukan antrian dikarenakan banyak penerima vaksin datang ke Gedung Graha. Padahal, pembagian jadwal vaksinasi sudah ditetapkan di Puskesmas. Jumlah penerima vaksin sendiri melebihi dari target yang ditetapkan, yakni sebanyak 1.000 orang.

Disebutkan, untuk sasaran pelayanan publik yang terdiri dari ASN dan honorer di beberapa SKPD (Satuan Perangkat Kerja Daerah), proses vaksinasi dilaksanakan di Puskesmas. Atas kondisi itu, pihaknya menyayangkan pada ASN yang tidak menjalani vaksinasi sesuai jadwal.

“Sudah dijadwalkan, sebenarnya kan sebagian ASN vaksinasinya di Puskemas Penajam dan Petung, tapi mereka kesini dan numpuk disini. Alasannya macam-macam dan Ini yang bikin kacau dan sudah merusak jadwal,” beber Miske.

Pendaftaran sendiri ditutup sekira jam 1 lewat, dengan jumlah peserta melebihi target. Meski jadwalnya sudah ditetapkan, namun peserta yang hadir tetap dilayani. Proses vaksinasi terpadu dibantu pihak kepolisian dan TNI dengan menerapkan protokol pencegahan Covid secara ketat.

Program vaksinasi massal dengan sasaran lansia dan masyarakat rentan, bagi dari program pemerintah pusat melalui sejuta vaksinasi per hari. Sejauh ini, vaksinasi bagi pelayanan publik di Kabupaten PPU, telah mencapai di atas 50 persen dari target yang ditetapkan pemerintah pusat sebanyak 12 ribu lebih.*(adv)

Pos terkait