Orangtua Mengeluh PPDB Online, Disdikbud Membantah

Kaltimku.id, BALIKPAPAN – Pelaksanaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) online yang berlangsung serentak pada Kamis (17/6/2021) sempat menjadi keluhan para orang tua murid yang kesulitan mengakses website milik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Boentoro

Namun Panitia PPDB Online sekaligus Sekretaris Disdikbud Balikpapan Boentoro membantah jika server milik Disdikbud mengalami masalah.

Menurut dirinya, server milik Disdikbud berjalan lancar dan tidak mengalami down seperti kabar yang beredar di masyarakat.

Boentoro menegaskan, pihaknya sudah melakukan rapat dengan pantia PPDB online di sekolah, bahwa server tidak mengalami masalah.

Hanya saja, seperti yang disampaikan sebagian panitia ada beberapa orangtua murid memang susah mengakses linknya, tapi bukan karena servernya melainkan kuota para orangtua yang habis.

“Server kami tidak bermasalah, setiap sekolah berjalan lancar, hanya saja kuota orangtua murid yang habis, jadi kesulitan untuk masuk ke website, sehingga meminta bantuan kepada panitia PPDB,” pungkasnya.

Sementara itu, di lingkungan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 019 Balikpapan Barat yang tengah melaksanakan PPDB online, semua berjalan normal.

Rusmini SPd MM selaku Kepala Sekolah SDN 019 Balikpapan Barat menjelaskan, jika semua berjalan lancar dan tidak ada keluhan dari para orang tua murid.

Sedangkan untuk masalah website milik Disdikbud untuk penerimaan peserta didik semua lancar dan tidak terjadi masalah, hanya saja yang jadi permasalahan ada di Kartu Keluarga (KK) para orangtua murid.

Pasalnya, usia KK milik pendaftar dibawah 1 tahun, sehingga tidak dapat terbaca oleh link PPDB.

“Jadi kartu keluarga milik pendaftar tidak bisa terbaca, dikarenakan dari Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sudah menentukan per Desember 2020, KK pendaftar baru bisa terbaca,” ucap Rusmini.*

Wartawan: Ariel S

Pos terkait