Pembentangan Merah Putih Berukuran Raksasa di Kawasan Traffic Light Balikpapan Baru, Ratusan Warga Khidmat Mengikuti

Kaltimku.id, BALIKPAPAN – Hujan yang mendera Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) sejak semalam masih menyisakan rintik-rintik, namun pengibaran (pembentangan) bendera Merah Putih memperingati HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di kawasan simpang empat traffic light (lampu merah), Balikpapan Baru, Kota Balikpapan, tetap berlangsung, Selasa (17/8/2021).

Ratusan warga bersama kendaraannya yang akan melintas di kawasan lampu merah tersebut dihentikan saat pukul 11.17 Wita. Saat bendera Merah Putih Berukuran raksasa dibentangkan di bawah rintik-rintik hujan.

Bacaan Lainnya

Upacara dipimpin langsung Kasatlantas Polresta Balikpapan, Kompol Irawan Setyono dengan dihadiri Dishub Kota Balikpapan, Satpol PP dan sejumlah komunitas yang ada di Kota Minyak.

Ratusan warga yang mengikuti upacara di keempat sisi simpang lampu lalu lintas tersebut tampak begitu khidmat, memberi hormat ke arah bentangan Merah Putih berukuran 25×15, seraya menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu kebangsaan gubahan Wage Rudolf (WR) Soepratman.

Warga yang akan melintas di kawasan lampu merah tersebut, turun dari kendaraan masing-masing untuk mengikuti jalannya upacara yang hanya beberapa menit. Lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berkumandang memenuhi langit kota yang masih tampak mendung.

“Ini adalah yang pertama di Kota Balikpapan, pembentangan bendera Merah Putih berukuran raksasa,” ujar Kasatlantas Kompol Irawan Setyono, usai upacara.

 Kompol Irawan Setyono memberikan keterangan pada awak media 

Upacara HUT Ke-76 RI yang dilakukan di kawasan lampu merah ini adalah sebagai bukti patriotisme warga kota dalam memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia di tengah deraan pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Kompol Irawan sangat salut dengan sikap patriotisme masyarakat Kota Balikpapan yang dengan takzim mengikuti upacara pembentangan bendera Merah Putih berukuran raksasa, meski mereka harus berhenti sejenak saat upacara berlangsung hingga selesai.*

Pos terkait