Turunkan 3 Atlet, BCL Rebut Gelar Juara di Ajang Indonesian Road Bike Championship

Zoelkifli diapit kedua atlet binaannya, Nivo dan Ridho. (istimewa)

Kaltimku.id, BALIKAPAN – Dua atlet junior balap sepeda binaan Klub BCL  Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) meraih gelar juara di ajang Indonesian Road Bike Championship pada Jumat (20/2/2021) di Sirkuit Sentul, Bogor, Jakarta.

Adalah Nivo Ramadhon, Satya Ridho Ristanto dan Adytia, anak didik pelatih Firman Hidayat yang bertarung di kelas ITT (Individual Time Trial) sejak setart langsung menggenjot sepedanya masing-masing, melahap 4 putaran sepanjang 12 kilometer.

Ketiga atlet sepeda junior Balikpapan itu harus bersaing dengan puluhan lawan dari berbagai daerah di Indonesia. Anggota Klub BCL yang dibina oleh Zoelkifli, itu bertarung dengan penuh semangat. Meski mereka tak diberi beban dan target yang muluk-muluk.

Namun akhirnya, Nivo Ramadhon mampu mencapai finis di peringkat kedua dengan catatan waktu 00:16:56.52, sedangkan Satya Ridho Ristanto finis di urutan ketiga dengan waktu 00:17:06.16. Juara pertama direbut atlet Pelatda DKI/PCC, Maulana (00:16:41.73).

“Alhamdulillah, ini adalah raihan prestasi yang tidak kami duga,” kata manajer tim Guntur Asgar kepada media ini, Selasa (23/2/2021). “Mereka tidak diberi beban target, karena ini yang pertama mereka bertanding di even besar nasional. Intinya bisa tampil baik dan fokus.”

Manajer tim, Guntur Asgar (tengah).

Guntur Asgar menuturkan, Adytia memang hanya mampu finis di urutan ke-12, namun tetap patut diajungi jempol karena tampil memakai sepeda standar. “Awalnya Adytia mau pake sepeda Ridho, tapi karena waktunya bersamaan dan kelasnya sama, maka tidak bisa bergantian sepedanya,” urai Guntur.

Apapun itu, para altet sepeda junior Kota Balikpapan ini telah mengharumkan nama derahnya di ajang nasional. Bahkan, Desember 2020 lalu, Satya Ridho Ristanto meraih juara pertama ITT di Makassar, Sulawesi Selatan, dan Nivo sebagai juara kedua.

“Waktu kejuaraan di Makassar medannya agak beda, ada tanjakannya dan Ridho memang mempunyai kelebihan di arena bertanjakan,” ungkap Guntur Asgar yang sangat berterima kasih dengan para sponsorship seperti, Priority, BRC, SG700, 62Bike, Mitratel, Cheetah, BCC dan Balikpapanku.*

Pos terkait