8 Nama Balon Kades Muncul di Bakarung HSS, Tiga Balon akan Ramaikan Pilkades Bamban Utara

Kaltimku.id, KANDANGAN — Bisik-bisik politik di wilayah Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai memanas. Ini terkait berakhirnya pendaftaran bakal calon (Balon) Pembakal atau Kepala Desa (Kades) yang akan meramaikan Pilkades serentak di Kabupaten HSS, Juni 2022 nanti.

“Rekapitulasi sementara nama Balon Kades per 7 April 2022 se Kecamatan Angkinang tercatat 45 nama Balon 11 desa yang ada,” tulis Saberi, salah satu Panpel Pilkades Bamban Utara seperti dikutip media ini, Jumat, 8 April 2022.

Bacaan Lainnya

Saberi yang merekap hari terakhir penjaringan itu menyebut, dari 11 desa di wilayah Angkinang, HSS, Desa Bakarung menjadi desa yang terbanyak memunculkan 8 nama Balon. Sebaliknya, Desa Kayu Abang dan Angkinang Selatan paling sedikit, masing-masing 2 nama Balon.

Kantor Desa Bamban Utara

Delapan nama Balon Pembakal yang muncul di Desa Bakarung adalah Hasan Mugeni, M Iswansyah, Samsul Bahri, Norman, M Ramadhani Fajeri, Syabir Fahmi, Akhmadiansyah Noor Fauzi, dan Arie Wahyudi.

Lantas di Desa Kayu Abang ada Norliyanor dan Muhammad Jakaria, dan di Desa Angkinang Selatan tercatat nama Fahriadi dan Fitriansyah. Sedang di Desa Angkinang muncul pula 6 nama Balon, yakni Muhammad Ramlan, Abdul Khair Rizani, Noordin Effendi, Farida Ariani, Zainuddin Arini dan Muhan Ahadi.

Sementara di Desa Bamban Utara, desa yang berada di perbatasan Kandangan — Barabai (Kanbara), muncul tiga nama Balon. Ketiganya adalah mantan Kades atau calon petahana Mursidi, disusul Muhammad Yamin, dan Ismail atau Pa Mail.

“Sejak pendaftaran dibuka, 28 Maret 2022 sampai hari terakhir 7 April 2022, hanya tiga nama Balon itu yang mendaftar. Tiga Balon inilah yang sepertinya akan meramaikan Pilkades di Bamban Utara nanti ,” urai Saberi.

Menurut dia, semua nama Balon Pembakal yang muncul tentu akan diverifikasi terlebih dahulu tentang kelengkapan administrasi oleh tim di masing masing desa. Terlebih setiap desa dibatasi hanya boleh menetapkan 5 calon Kades yang akan berlaga di pesta demokrasi Pilkades serentak HSS nanti.

Desa-desa lainnya di Kecamatan Angkinang yang juga melakukan penjaringan Balon Pembakal adalah : Taniran Kubah (4 Balon — Muhammad Saderi, Supiani, Khairuddin Saukani, Muhammad Noor), Desa Bamban (4 — Huzaifah, Barni, Asiah, Rusmin Nuryadin).

Lantas Desa Bamban Selatan (4 — Yudi Hasman, Maya Puspita, Rahmadi, Alfian Hazmi), Taniran Selatan (5 — Sarpani, Asmail, Muhlis, Sugeng Hariadi, Pahrudin), Telaga Sili Sili (3 — Norsamiansyah, Galib, Ramli) dan Desa Tawia (4 — Jamaludin, Abu Hurairah, Rudi Hartono dan Syarfani.*

(JJD, Wartawan Senior Kalimantan)

Pos terkait