Cuaca Tak Menentu, Pemkab PPU Siapkan Skenario Saat Peringatan HUT RI ke -76

Kaltimku.id, PPU – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 76, tinggal menghitung hari. Sejumlah persiapan tengah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Salah satunya, membuat skenario terhadap perubahan cuaca.

Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Kabupaten PPU, Sodikin mengatakan kondisi cuaca di tanah Benuo Taka sulit diprediksi. Bahkan, perubahan cuaca sering terjadi secara mendadak. Mengantisipasi terjadinya hujan saat upacara peringatan HUT RI, pihaknya menyiapkan satu ruangan indoor.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah siapkan ruang rapat lantai I sebagai lokasi pemindahan kegiatan upacara, jika pada saat bersamaan turun hujan,” terang Sodikin, Kamis (12/8/2021).

Pengalihan lokasi upacara dimaksudkan agar pelaksanaan peringatan hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti berjalan khidmat. Opsi pemindahan tempat upacara tersebut, dilakukan mulai upacara pengibaran bendera maupun penurunan sang Saka Merah Putih.

“Itu skenario yang kita lakukan, apabila dalam kondisi hujan. Kita siapkan saat gladi nanti,” jelasnya.

Tidak berbeda jauh dengan tahun 2020. Ditengah pandemic Covid-19 pelaksanaan upacara HUT RI ke 76 bakal digelar secara sederhana. Dimana peserta maupun tamu undangan dibatasi. Hal itu juga mengacu berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor 0031/4297/SJ tertanggal 10 Agustus 2021 tentang pedoman teknis peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Untuk jumlah peserta upacara yakni, TNI, Polri, Satpol-PP dan dibatasi masing-masing 10 orang. Sedangkan untuk undangan dibatasi hanya 40 orang. Total peserta upacara dan undangan berjumlah 105 orang. Untuk OPD lain, bisa mengikuti melalui perangkat digital atau virtual yang disediakan.

“Peserta maupun undangan kita batasi. Penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid juga akan diperketat,” tegasnya.

Nantinya, selain jarak antar tamu undangan dan peserta diatur, juga bakal ditempatkan bilik disinfektan pada akses masuk. Upacara peringatan HUT RI dengan tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, tahun ini tidak mengundang masyarakat umum.*(adv)

Wartawan: Yudi

Pos terkait