ESI Satu – satunya Organisasi Esports yang Diakui KONI

pengurus ESI Balikpapan
pengurus ESI Balikpapan

Kami, Pengurus Esports Indonesia (ESI) Kota Balikpapan ingin menyampaikan hak jawab sebagai berikut :

ESI Satu – satunya Organisasi Esports yang Diakui KONI

Bahwa pada hari Senin,, 28 Desember 2020, kaltimku.id telah membuat pemberitaan dengan judul “Puluhan Esport Tolak Kepengurusan ESI Kota Balikpapan”. Dalam pemberitaan tersebut tidak ada klarifikasi terhadap kami Pengurus ESI Kota Balikpapan, dan kaltimku.id menurut kami telah menyajikan berita yang tidak berimbang dan berpotensi melanggar Pasal 3 Kode Etik Jurnalistik yakni “tidak memberikan ruang atau waktu pemberitaan kepada masing – masing pihak secara proporsional”.

Hak Jawab kami buat berdasarkan Rekomendasi Dewan Pers terkait Pengaduan langsung yang di lakukan Sekertaris ESI Kota Balikpapan Muhammad Irfan kepada Dewan Pers dengan teradu kaltimku.id. dimana Dewan Pers menilai kaltimku.id untuk sementara berpotensi melanggar melanggar Pasal 3 Kode Etik Jurnalistik karena menyajikan berita yang tidak berimbang yakni “tidak memberikan ruang atau waktu pemberitaan kepada masing – masing pihak secara proporsional”.

Untuk itu, kaltimku.id wajib melayani hak jawab dari Pengurus ESI Kota Balikpapan melalui Sekertaris ESI Kota Balikpapan selambat – lambatnya 2 x 24 jam setelah menerima hak jawab kami. Portal berita kaltimku.id wajib memuat catatan di bagian bawah berita yang kami adukan, yang menjelaskan berita dengan judul “Puluhan Esport Tolak Kepengurusan ESI Kota Balikpapan” dinilai oleh Dewan Pers melanggar Kode Etik Jurnalistik dan menyertakan hak jawab kami.

kaltimku.id wajib menautkan Hak Jawab kami untuk berita dengan judul “Puluhan Esport Tolak Kepengurusan ESI Kota Balikpapan”, sesuai dengan butir 4 huruf b Peraturan Dewan Pers Nomor 1/Peraturan-DP/III/2012 tentang pedoman Pemberitaan Media Siber yang menyatakan “Ralat, Koreksi, dan atau Hak Jawab wajid ditautkan pada berita yang di ralat, di koreksi atau yang diberi hak jawab”.

Hak jawab yang kami buat semata – mata agar pembaca mendapat informasi yang berimbang tentang keberadaan Esports Indonesia (ESI) Kota Balikpapan, kami mengganggap berita yang di muat tidak mencerminkan keadilan pemberitaan dalam menyajikan informasi. Penolakan kepengurusan ESI Kota Balikpapan yang dilakukan oleh yang mengatasnamakan Pemilik/Pengurus Esport tidak berdasar bagi kami, karena Kepengurusan ESI Kota Balikpapan sah secara De jure dan De Factto (sah menurut Hukum dan sesuai kenyataan) sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Pengurus yang kami terima dengan nomor 01/ESI-KALTIM/J/23/2020 tentang Pengukuhan Personalia Pengurus Esports Indonesia Tingkat Kabupaten/Kota Masa Bakti 2020 – 2024, yang ditetapkan di Samarinda tertanggal 3 Oktober 2020 dan di tanda tangani oleh Ketua Umum Pengprov ESI Kaltim Brigadir Jenderal TNI Drs. Moch. Amin, M.M dan Sekertaris Umum Pengprov ESI Kaltim Hasbi Muhammad, SH. Dan juga telah di lantik di pada 9 Desember 2021 bertempat di Hotel Diamond Kota Samarinda.

Esport Indonesia (ESI) adalah salah satu Cabang Olahraga prestasi dengan Ketua Umum Pengurus Besar ESI (Pengurus Pusat) Jenderal Pol. (P.) Prof. Dr. Budi Gunawan S.H., M.Si yang di akui oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat sebagai salah satu anggota KONI Pusat,  setelah di tetapkan menjadi Anggota KONI Pusat pada 27 Agustus 2020 lalu melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koni Pusat. Untuk di Provinsi Kaltim sendiri, KONI Kaltim telah menerima Pengprov ESI Kaltim sebagai Anggota KONI pada 26 November 2020 di Samarinda, sedangkan di Kota Balikpapan Pengcab ESI Balikpapan sudah mengusulkan dan melengkapi semua persyaratan untuk menjadi Anggota KONI Balikpapan. Pembahasan ESI Kota Balikpapan dan 8 cabor baru lain nya untuk menjadi Anggota KONI Kota Balikpapan tinggal menunggu pelaksanaan RAT KONI Balikpapan Februari mendatang.

Esport Indonesia (ESI) Kota Balikpapan adalah wadah bagi seluruh komunitas, atlet yang mau bergabung menjadi anggota ESI, ESI Balikpapan juga tidak memaksakan jika ada komunitas atau atlet yang tidak mau bergabung menjadi anggota ESI Balikpapan. Tujuan Cabor ESI jelas untuk melakukan pembinaan prestasi atlet esports, jika ada yang enggan untuk bergabung tidak ada kewajiban ESI Balikpapan untuk membina yang tidak mau bergabung. Tetapi club atau Tim Esports yang telah mendaftarkan Tim nya dan Atlet nya kepada ESI Kota Balikpapan, kami akan melakukan pembinaan. Pembinaan di ESI bukan hanya pelaksanaan turnamen atau pertandingan, melainkan terprogram, baik fisik, mental, dan melatih ketangkasan yang ada pada mata tanding atau yang akan di perlombakan. Turnamen tingkat lokal bukan tiak penting dan itu diperlukan tapi itu hanya sebagian kecil dari bentuk pembinaan, atlet bukan hanya bagaimana mereka bisa memenangkan kompetisi, tapi proses untuk mengikuti kejuaraan itu perlu ada tahapan – tahapan dan seleksi yang ketat.

Pengurus ESI Kota Balikpapan juga telah melakukan pertemuan dengan Pengurus Indonesia esports Association (IESPA) Kota Balikpapan pada 27 Oktober 2020 di fasilitiasi oleh KONI Kota Balikpapan, pada kesempatan itu kami bersepakat untuk bisa sinergi melakukan pembinaan atlet esports di Balikpapan, bersama – sama membesarkan dan mengembangkan olahraga ESPORT di Kota Balikpapan, Pengcab ESI Kota Balikpapan membuka pintu sebesar – besar nya untuk TIM atau Atlet  Esport yang mau bergabung di Pengcab ESI Kota Balikpapan, demi prestasi dan pengembangan olahraga Esport di Balikpapan.

Bagi TIM Esports atau Club Esports yang sudah bergabung dengan IESPA atau Asosiasi Olahraga Video Game Indonesia (AVGI). Pengcab ESI Kota Balikpapan tidak mempermasalahkan, ketika TIM atau club tersebut ingin bergabung juga dengan Pengcab ESI Kota Balikpapan, sepanjang untuk pengembangan olahraga dan Atlet Esport di Balikpapan. Pada prinsipnya Pengcab ESI Kota Balikpapan siap untuk bersinergi dan berjalan bersama – sama selama untuk kemajuan Atlet Esport dan Olahraga Esport di Balikpapan.

ESI Kota Balikpapan juga tidak akan pernah membatasi Tim Esports atau Atlet Esport yang telah bergabung di ESI Kota Balikpapan untuk mengikuti turnamen di manapun dan kapanpun, karena kami beranggapan semakin sering mereka mengikuti turnamen semakin banyak jam terbang atau pengalaman yang mereka peroleh. Tentunya mereka akan mendapatkan program – program pelatihan sebelum mengikuti turnamen, dan itu di persiapkan oleh Pengcab ESI sebagai induk olahraga Prestasi Esports di Kota Balikpapan.

Hingga saat ini, ESI Kota Balikpapan telah mengeluarkan 21 Surat Keputusan (SK) pengesahan club – club Esports yang ada di Kota Balikpapan, club – club yang telah mendaftarkan diri sebagai anggota ESI Kota Balikpapan juga memliki Tim Esports di dalam nya yakni 2 sampai 4 Tim masing – masing club. Kami ESI Balikpapan ingin tetap merangkul semua pegiat esports yang berada di Kota Balikpapan, karena terdapat 29 medali emas yang akan di perebutkan pada Cabor Esport dengan 10 Divisi Esports (games) pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 di Kabupaten Berau mendatang, dan sesuai RAT KONI Kaltim 1 tahun sebelum pelaksanaan Porprov akan di laksanakan Pra Porprov. Maka ESI Kota Balikpapan akan melakukan seleksi pada semua club – club esports yang telah bergabung, untuk mendapatkan yang terbaik dan nanti nya akan membela nama Kota Balikpapan pada ajang bergengsi 4 tahunan ini.

Kaltimku.id

Ini merupakan hak jawab dari pihak ESI Balikpapan yang kami muat secara utuh tanpa dilakukan editing satu huruf pun.

 

 

 

 

Pos terkait