Fadlianoor Reses di Muara Rapak, Warga Minta Lahan Pertamina dan Gedungnya Bisa Dijadikan Sekolah

Kaltimku.id, BALIKPAPAN – Anggota DPRD Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) dari fraksi PDI Perjuangan, Daerah Pemilihan (Dapil ) Balikpapan Utara, Fadlianoor melaksanakan serap Aspirasi (Reses) di lingkungan RT 04, Jl Padat Karya Kelurahan Muara Rapak, Kecamatan Balikpapan Utara, di Masa Persidangan III Tahun 2021.

Dihadiri Lurah Muara Rapak, Camat Balikpapan Utara, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan perwakilan Ketua RT, digelar secara tertib dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid -19 yang telah dianjurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Selasa (5/10/2021).

Bacaan Lainnya

Warga masyarakat pun menyampaikan sejumlah aspirasi, mulai dari Infrastruktur, Kesehatan sampai Pendidikan, dan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang belum terealisasi di sepanjang Jl Padat Karya.

“Drainase di lingkungan kami yang berada di Jalan Padat Karya, kondisinya sekarang ini rusak parah dan perlu perbaikan segera,” ungkap ketua RT 04, Budi.

Terkait PJU, ketua RT 04, 02 dan 03 mengeluhkan hal yang sama, di sepanjang Jalan Padat Karya, baik di ruas jalan utama maupun di dalam Gang tidak terdapat penerangan, adapun PJU yang sudah ada kini dalam kondisi mati total, sehingga jika malam hari dalam keadaan gelap gulita.

Sedangkan mengenai pendidikan, Forum LPM Kecamatan Balikpapan Utara, menyampaikan bahwa bersama tim terkait pernah mengajukan permintaan melalui wali kota terdahulu untuk meminta lahan Pertamina berserta gedungnya untuk dijadikan sekolah.

“Kami sudah pernah mengajukan permintaan melalui Wali kota terdahulu, dan kami juga sudah menemui pihak Pertamina yang telah memberikan respon positif, hanya saja, harus menunggu Pemerintahan kota yang menghubungi secara resmi kepada Pertamina,” kata Budi, mewakili peserta reses lainnya.

“Namun sampai masa jabatan habis belum juga menghubungi pihak Pertamina, dan mudah-mudahan wali kota yang baru ini dapat meneruskan hal tersebut,” harap Budi.

Lahan Pertamina yang dimaksud berada di Kelurahan Muara Rapak, dulunya adalah gedung Sekolahan untuk SD, namun sekarang sudah tidak berfungsi, atas dasar itulah warga berinisiatif untuk memohon kepada pihak Pertamina agar dapat menghibahkan lahan beserta gedung tersebut kepada Pemerintahan Kota Balikpapan, untuk kembali difungsikan sebagai Gedung Sekolah SMP.

“Mengingat untuk saat ini di Kelurahan Muara Rapak belum memiliki gedung sekolah SMP, sehingga setiap tahunnya mengalami kesulitan untuk masuk ke sekolah Negeri,” urai Budi yang diamini lainnya.

Sebagai wakil warganya di dewan, Fadlianoor menegaskan, permasalahan drainase, jalan lingkungan dan PJU akan diperjuangkannya. “Iya. Insya Allah, saya akan berjuang agar semua yang disampaikan warga dapat terealisasi, terutama PJU semoga semua dapat cepat terpasang,” kata Fadlianoor.

Fadlianoor mengaku akan mencoba berkoordinasi kepada dinas terkait untuk menuntut hak warga masyarakat. “Sebenarnya pemerintah zalim jika tidak memenuhi hak warganya tersebut, jadi tolong bersabar semua memerlukan tahapan.”

Mengenai permohonan warga yang meminta lahan Pertamina yang ada di Kelurahan Muara Rapak untuk dibangun gedung SMP, dirinya akan mencoba berkoordinasi kepada pihak terkait.

“Saya akan mencoba untuk menghubungi pihak terkait (Pertamina) untuk menindak lanjuti, semoga saja pihak Pertamina mau menghibahkan lahan tersebut kepada Pemkot Balikpapan, sehingga keinginan warga dapat terealisasi,” imbuhnya, seraya menambahkan semua aspirasi warga akan dibawa ke sidang paripurna.*

Wartawan: Ariel S

Pos terkait