Hawkey, Wanita Jazz yang Lengkap

SUARANYA sebening kristal di seluruh melodi yang familiar orisinal, kadang-kadang nakal dan jenaka-tetapi jarang tanpa unsur kejutan.

Dia adalah Kimberly Hawkey, seorang penyanyi, pemimpi, penulis lirik dan revivalis lagu yang yang berbasis di New York.

Didukung oleh ansambel jazz kelas dunia, visi Hawkey tentang romansa Hollywood-esque ditambah dengan semangat suara Amerika yang paling sejati di layar penuh.

Hawkey adalah seorang wanita muda dengan pandangan jazz yang berbeda kebanyakan dari usianya. Orang mungkin menyebut vokalis ini “jiwa tua.”

Dia seorang seniman dengan sedikit latar belakang akting melalui teater musikal yang lebih kontemporer, tetapi semangatnya kembali ke masa lalu.

Hawkey menyukai jazz vintage dan band-band besar di awal 1940-an seperti: Harry James, Glenn Miller, Helen Forest, Benny Goodman. Semangat itu terbukti dalam rekaman barunya, “We Are the Nighthawks” yang mencakup jazz, teater musikal, dan tekstur buku lagu Amerika, dan ini adalah album ketiga dari Hawkey.

Hawkey mulai les piano sekitar usia 4 tahun. Selalu ada musik di rumah dan dia mendengar rekaman Charlie Parker melalui kakaknya yang belajar saksofon, trompet, dan gitar. Itu menarik minatnya, ibunya juga menganggap musik dan seni itu penting.

Dia bersekolah di Notre Dame-Bishop Gibbons High School di Schenectady tidak ada banyak program musik, tetapi Hawkey mengambil ekstrakurikuler dan belajar privat dengan seorang guru vokal lokal.

Di Universitas Fordham, ia mengejar jurusan ganda dalam psikologi dan musik. Di sana dia diperkenalkan dengan lebih banyak musik jazz dan mulai membuat pertunjukkan.

Dia pemenang penghargaan dan penerjemah Great American Songbook, dan penerima Oxnard Gold Medal juga Johnny Mercer Award dari Kompetisi Vokal Tradisi Amerika 2013 di Georgia, dan dinobatkan sebagai pemenang The Cabaret Showdown, The All-Star Cabaret Showdown, juga Kompetisi Seni Vokal Forum Jazz tahun lalu di Dobbs Ferry.

Band jazz bergaya tahun 1940-an miliknya, The Swingaroos tampil di beberapa tempat terhormat. Kimberly Hawkey juga seorang pengajar musik, memainkan banjo dan penulis drama.*

(Keterangan photo) Kimberly Hawkey

Oleh: Ahmad Jailani, Ketua Balikpapan Jazz Lovers (BJL)

Pos terkait