Pilkades Serentak 2021, 13 Desa di PPU Sudah Bentuk Panitia

Kaltimku.id, PPU – Proses pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur memasuki tahap pembentukan panita. Dari 14 desa yang akan menggelar pemilihan secara serentak, 13 desa sudah membentuk panitia.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Nurbayah mengatakan pembentukan panitia merupakan bagian dari tahapan pelaksanaan pilkades. Panitia pilkades dibentuk oleh Badan Permusyawartan Desa (BPD). Panitia pilkades terdiri atas unsur perangkat desa, lembaga kemasyarakatan dan tokoh masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah panitia 13 desa sudah diserahkan ke kami, tinggal satu desa yang masih dalam proses penetapan panitia, yakni desa Bukit Subur,” kata Nurbayah, Kamis (12/8/2021).

Nurbayah menyebutkan, jumlah panitia pilkades dalam setiap desa maksimal sebanyak tujuh orang. Pengesahan panitia pemilihan kepala desa menunggu Surat Keputusan (SK) Bupati. Ditargetkan, penyerahan nama panitia pilkades selesai pada Agustus ini.

Apabila sudah resmi terbentuk, tugas panitia pilkades melakukan sosialisasi dan pendataan warga hingga ke tingkat RT. Pendataan warga pemilih sebagai acuan sebelum penetapan daftar pemilih tetap (DPT) masing masing desa.

“Untuk daftar pemilih itu juga bisa mengacu pada pemilihan DPD tahun lalu, tapi pasti berubah. Nah sebelum di verifikasi menjadi DPT, itu panitia lakukan pendataan sekaligus sosialisasi pelaksanaan pilkades,” terangnya.

Tahap selanjutnya adalah panitia mempersiapkan persyaratan pencalonan dan pendaftaran pencalonan. Pada pelaksanaan pilkades nanti, satu tempat pemungutan suara (TPS) tidak boleh lebih dari 500 DPT.

“Paling banyak 500 pemilih. Kalau lebih dipecah TPSnya. Missal 1.200 DPT itu jadi tiga TPS,” tutur Nurbayah.

Untuk diketahui, pelaksanaan pilkades serentak di kabupaten PPU dilaksanakan pada 15 Desember 2021. 14 desa yang menggelar pilkades serentak tahun ini, yakni terdiri dari tujuh desa di Kecamatan Babulu, dua desa masing masing di Kecamatan Waru dan Penajam dan tiga desa di Kecamatan Sepaku.*(adv)

Wartawan: Yudi

Pos terkait