Banjir dan Perizinan Jadi Prioritas RDP Komisi III DPRD Kota Balikpapan dan OPD

Kaltimku.id, BALIKPAPAN – Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar Komisi III DPRD Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kamis (2/9/2021), lagi kecamuk banjir dan perizinan yang menjadi fokus.

OPD yang hadir di antaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim), dan Satpol PP Kota Balikpapan.

Bacaan Lainnya

“RDP kali ini selain banjir juga membahas perizinan yang banyak di keluarkan, tetapi tidak bisa ditindaklanjuti terhadap pengawasan dalam hal dampak lingkungan yang menjadikan banjir selalu terjadi,” ujar Sekretaris Komisi III H Ali Munsjir Halim SE, usai RDP kepada awak media.

Banjir di Balikpapan, tegas politikus Partai Demokrat, tidak akan pernah selesai jika tidak dilakukan secara bersama-sama oleh OPD terkait. “Pokoknya semua yang membangun di Balikpapan itu harus memperhatikan lingkungan. Kami minta semua OPD itu secara bersama-sama menanganinya menurut bidangnya masing-masing, tapi tidak bekerja sendiri tapi harus bersama menyelesaikan itu,” ujar Munsjir, biasa dia disapa.

Hanya saja, lanjut Munsjir, dengan peraturan yang ada sekarang terutama dengan sistem Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, ternyata banyak kemudahan oleh Pemerintah pusat, tapi di daerahnya yang berdampak.

Untuk itu, Komisi III akan menyesuaikan kembali, maka OPD dikumpulkan untuk nanti diadakan rapat kerja bagaimana menangani itu dan tidak lanjutnya, sehingga perizinan dan investasi tidak terhambat tapi daerah tidak rusak.

“Kita (Komisi III) akan mengagendakan untuk melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi dengan mengajak beberapa OPD terkait, untuk menerapkan langsung dalam Perda Tibum (Ketertiban Umum) terkait adanya pasal yang berubah. Jadi dalam pasal itu seseorang atau badan hukum yang melakukan usaha pekerjaan bisa ditindak apabila melakukan perusakan lingkungan,” tegasnya.*

Pos terkait