Beginilah Cara Mengurus Nikah di Balikpapan

Berita Balikpapan Terkini - Kantor KUA Balikpapan Tengah
Kantor KUA Balikpapan Tengah

MENGURUS nikah di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur sebenarnya tidak susah jika kamu benar-benar mengetahui apa saja yang perlu kamu persiapkan sejak awal. Namun jika kamu tidak mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan, kamu bisa membaca panduan mengurus nikah di Balikpapan seperti yang kami tuliskan di bawah ini.

Pernikahan adalah suatu hal yang paling dinanti oleh banyak pasangan, menurut undang-undang yang berlaku di Indonesia, yakni Undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan menyebutkan bahwa Pernikahan atau Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Bacaan Lainnya

Namun untuk melangsungkan sebuah pernikahan, setiap pasangan wajib mengurus berkas-berkas yang nantinya diperlukan untuk di data sehingga resmi secara hukum.

Bicara soal pengurusan berkas pernikahan, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan agar nantinya kamu tidak harus mondar-mandir karena adanya berkas yang tertinggal.

Berikut adalah Cara Mengurus Nikah di Balikpapan

1. Mencocokan AKTA Lahir

Sebelum mengurus berkas hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa nama dan tanggal lahir kamu sesuai dengan kartu keluarga dan AKTA Lahir. Jika nama atau tanggal lahir kamu pada kartu keluarga berbeda dengan AKTA Lahir, sebaiknya kamu memperbaikinya terlebih dahulu ke catatan sipil.

Tidak ada toleransi jika nama kamu berbeda satu huruf sekalipun dari AKTA Lahir.

2. Foto Latar Biru

Berita Kaltim Terkini - foto nikah latar biru
Background biru foto nikah / Credit: Gina Meidina

Jangan lupa untuk menyiapkan foto berlatar biru sebagai pengurusan pernikahan bagi warga sipil. Ada dua jenis foto yang harus kamu siapkan yaitu foto sendiri dan foto berdampingan dengan pasangan, beda kelurahan beda pula jenis foto yang di inginkan. Disarankan agar anda menyiapkan foto berukuran 2×3 ( sendiri ) dan 4×6 (berdampingan), masing-masing foto dibuat rangkap 5.

3. Pengantar Surat Nikah Dari RT

Di Balikpapan sendiri pengantar surat nikah sudah disiapkan oleh RT masing-masing. Kamu bisa datang ke RT tempat kamu tinggal dan mengisi Form yang diberikan. Pastikan form pengantar tersebut adalah form yang diberikan dari kelurahan setempat, beberapa kasus yang ada, RT tidak memiliki form pengantar surat nikah dari kelurahan. Pastikan kamu menyiapkan foto copy KTP, AKTA Lahir dan Kartu Keluarga.

4. Ke Kelurahan Setempat

Berita Kaltim Terkini - kantor kelurahan gunung sari ulu

Setelah kamu mendapat tanda tangan dan stempel dari RT pada form pengantar surat nikah, kamu bisa membawa berkas tersebut ke Kelurahan setempat. Pengurusan surat di kelurahan tidak membutuhkan biaya sama sekali, pastikan semua berkas seperti foto copy KTP, AKTA lahir dan Kartu keluarga dipersiapkan.

Saat mengurus ke kelurahan nantinya kamu juga harus menyerahkan foto, namun penyerahan jumlah foto berbeda-beda tergantung kelurahan tempat tinggal anda, biasanya maximal foto yang diserahkan yaitu 2.

Di kelurahan kamu akan ditanyakan apakah akan menikah di Balikpapan saja atau di Luar Balikpapan, jika kamu menikah di Balikpapan kamu hanya mendapatkan berkas N1 saja.

Sebelum meninggalkan kelurahan, ada baiknya kamu memeriksa ulang nama kamu yang tertulis di berkas tersebut. Jangan sampai ada kesalahan nama penulisan pada nama, tanggal lahir dan tempat tinggal sesuai KTP.

Kantor kelurahan sendiri buka senin – jumat, jam 08.00-15.00 WITA

5. Cara Mengurus Nikah Ke KUA

Berita Kaltim Terkini - KUA Balikpapan Kota
Kua Balikpapan Kota

Setelah mendapatkan surat pengantar dari kelurahan, saatnya melanjutkan pengurusan berkas ke KUA. Di Balikpapan sendiri kantor KUA berada dimasing-masing kecamatan. Jadi misalnya kamu tinggal di daerah Balikpapan Selatan, maka kamu harus menyerahkan berkas tersebut ke KUA Balikpapan Selatan, sesuai dengan yang tertera pada KTP kamu.

Sesampainya di KUA kamu akan dipertanyakan kembali, apakah akan melangsungkan pernikahaan di Kecamatan yang sama atau di beda kecamatan. Jika kamu domisili Kecamatan Balikpapan selatan, namun menikah di Balikpapan Kota, maka KUA Balikpapan selatan akan memberikan surat pengantar kembali untuk diserahkan ke KUA Balikpapan Kota.

Nantinya pihak wanita juga disarankan untuk melakukan suntik tetanus sebelum menikah, suntik tt nikah sendiri bisa kamu dapatkan di Puskesmas terdekat. Yang perlu kamu ketahui Puskemas sendiri tidak setiap saat melakukan suntik TT nikah, ada hari-hari tertentu, namun setiap puskesmas memiliki jadwal suntik TT Nikah yang berbeda. Jadi ada baiknya kamu survey terlebih dahulu via telepon.

Setelah berkasmu diterima di KUA nantinya kamu tinggal mengikuti prosedur dari KUA tersebut seperti mengisi form-form kembali.

Jika kamu menikah di luar KUA akan ada biaya administrasi sebesar 600 Ribu yang akan kamu bayarkan melalui teller bank ( tidak bisa di transfer melalui mbanking ). Namun jika kamu menikah di KUA tidak akan ada biaya yang dikenakan.

Selama pandemi prosedur penataran dihilangkan sementara, kamu juga harus melakukan antigen -2 sebelum hari pernikahan dan berkas tersebut diserahkan kembali ke KUA tempat kamu mendaftar.

Kantor KUA Balikpapan sendiri buka dari hari senin-jumat jam 08.00-12.00 Wita.

Beberapa Kendala yang Sering Terjadi saat Mengurus Nikah

Kendala saat mengurus nikah yang paling sering terjadi adalah menunggu RT, kamu bisa menghabiskan 2-3 hari untuk mengurus surat pengantar dari RT, hal tersebut disebabkan dengan aktivitas RT yang susah diprediksi. Namun jika kamu memiliki RT yang selalu standby bertugas, kamu bisa menyelesaikannya dalam satu hari saja.

Kekurangan foto copy berkas  seperti akta lahir, kartu keluarga dan KTP juga sering terjadi. Maka dari itu berkas-berkas yang kami sebutkan sebaiknya di Foto Copy rangkap 5 sebagai cadangan agar nantinya kamu tidak harus bolak-balik.

Itu dia cara mengurus nikah di Balikpapan, tidak susah sebenarnya jika kamu mengetahui tahapannya secara benar. Di jaman sekarang pengurusan surat nikah bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus menyuruh orang. Semoga bermanfaat.

Pos terkait